Sukabumi Update

Korupsi Timah, Profil Harvey Moeis Suami Sandra Dewi yang Ditahan Kejagung

Harvey Moeis (tengah) di depan pesawat jet pribadi yang dihadiahkan untuk putranya, Raphael Moeis. Pesawat ini mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma pada 25 Maret 2019. | Foto: Instagram/@Benyaminratu lewat tempo.co

SUKABUMIUPDATE.com - Suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis, ditahan di Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Rabu malam, 27 Maret 2024. Penahanan Harvey Moeis berkaitan dengan kasus korupsi tata niaga timah.

Mengutip tempo.co, Kejaksaan Agung menahan 14 tersangka dalam kasus korupsi PT Timah di Bangka Belitung. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, menyebut korupsi PT Timah di Bangka Belitung merugikan negara mencapai ratusan triliun rupiah. “Kerugian negara dan lingkungan akibat kejahatan tersebut ditaksir mencapai Rp 271 triliun,” kata Ketut Sumedana.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kuntadi menjelaskan para tersangka dalam kasus tersebut diduga berkomplot untuk menyelewengkan bijih timah dari wilayah konsesi PT Timah. Tak hanya itu, mereka diduga berupaya menyembunyikan jejak kejahatan tersebut dengan menjalin kerja sama penyewaan alat peleburan bijih timah. Lalu, seperti apa profil Harvey Moeis?

Baca Juga: Harvey Moeis Suami dari Artis Cantik Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Profil Harvey Moeis

Harvey Moeis adalah pengusaha tambang yang lahir pada 30 November 1985 dari pasangan Hayong Moeis dan Irma Silviani. Ia dikenal sebagai suami dari artis Sandra Dewi. Harvey memiliki darah Makassar, Papua, dan Ambon.

Harvey menikah dengan Sandra Dewi pada 8 November 2016. Pernikahan keduanya pernah menyita perhatian publik karena digelar secara mewah di Cinderella’s Castle, Disneyland, Tokyo, Jepang. Saat itu, mereka mengusung tema Cinderella.

Sebagai pengusaha tambang, Harvey Moeis merupakan presiden komisaris perusahaan batu bara PT Multi Harapan Utama. Ia dikabarkan memiliki saham di sejumlah perusahaan batu bara lain seperti PT Refined Bangka Tin, PT Sariwiguna Bina Sentosa, PT Stanindo Inti Perkasa, CV Venus Inti Perkasa, dan PT Tinindo Inter Nusa.

Kehidupan pribadi Harvey Moeis memang jarang tersorot. Tapi pada 2021, Harvey pernah menjadi duta produk Ferrari Roma, bersama dengan putranya.

Selain itu, Harvey dikenal memiliki kekayaan yang melimpah, mulai dari rumah mewah, mobil mewah hingga jet pribadi. Meski begitu, ia dan sang istri jarang memamerkan kekayaannya tersebut.

Sosok Harvey Moeis sendiri pernah viral di media sosial setelah Sandra Dewi membocorkan kebaikan yang dilakukan sang suami. Artis berusia 40 tahun itu pernah menceritakan bahwa sang suami terlalu banyak memberi bonus di Hari Raya Lebaran kepada sang asisten rumah tangganya (ART). Alhasil, ART Harvey Moeis tidak mau lagi kembali bekerja dan memilih menetap di kampung halaman karena bonus yang diberikan lebih dari cukup.

Sumber: Tempo.co/Rizki Dewi Ayu

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT