Sukabumi Update

10 Tips Merawat Sepatu Saat Musim Hujan, Rutin Dibersihkan Ya!

Ilustrasi - 10 Tips Merawat Sepatu Saat Musim Hujan, Rutin Dibersihkan Ya! | Foto: Pixabay/IqbalStock

SUKABUMIUPDATE.com - Saat musim hujan ada banyak hal yang perlu diperhatikan termasuk soal pakaian salah satunya adalah sepatu, apalagi jika sepatu kesayangan kita.

Merawat sepatu dengan baik saat musim hujan dapat memperpanjang umur pakainya dan melindungi kaki dari air dan kelembaban.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan? Berikut adalah beberapa tips untuk merawat sepatu saat musim hujan agar tetap awet dan nyaman dipakai.

Baca Juga: Berniat Buka Bisnis Cuci Sepatu? Simak Dulu Modal dan 6 Tips Memulainya

1. Pilih Sepatu yang Tepat

Pilih sepatu yang tahan air atau yang terbuat dari bahan yang tahan air seperti kulit sintetis atau kulit tahan air. Hindari sepatu berbahan dasar kanvas atau suede yang lebih rentan terhadap air.

2. Gunakan Pelindung Sepatu

Gunakan semprotan pelindung air atau wax untuk melapisi sepatu sebelum digunakan. Produk semacam ini membentuk lapisan pelindung yang dapat menghalau air.

3. Lepaskan Secepat Mungkin

Jika sepatu basah, lepaskan secepat mungkin. Biarkan sepatu kering dengan baik sebelum digunakan kembali. Hindari mengeringkan sepatu dengan menggunakan pemanas atau sinar matahari langsung karena hal ini dapat merusak bahan.

Baca Juga: Puteri Indonesia Berbakat 2022 Luncurkan Sepatu Merah Putih Buatan UMKM Indonesia

4. Gunakan Penyerap Kelembaban

Masukkan kertas koran atau penyerap kelembaban khusus sepatu ke dalam sepatu setelah digunakan untuk menyerap kelembaban dan membantu sepatu kering lebih cepat.

5. Bersihkan Secara Teratur

Bersihkan sepatu secara teratur dengan menyikat debu dan kotoran. Dengan merawat sepatu secara berkala, Anda dapat mencegah penumpukan kotoran yang dapat merusak bahan.

6. Gunakan Sol Anti-Slip

Pilih sepatu dengan sol anti-slip agar lebih aman saat berjalan di permukaan yang licin karena air hujan.

Baca Juga: Ada 3 Air Terjun, Tempat Camping di Subang Ini Bisa Main Air Sepuasnya

7. Simpan dengan Benar

Simpan sepatu di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan menyimpan sepatu yang basah dalam kotak sepatu, karena dapat menyebabkan pertumbuhan jamur.

8. Ganti Sol atau Hak yang Aus

Jika sol atau hak sepatu mulai aus, segera ganti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan menjaga kenyamanan berjalan.

9. Gunakan Sarung Kaki Tahan Air

Selain sepatu tahan air, sarung kaki tahan air juga dapat membantu melindungi kaki Anda dari air hujan yang masuk ke dalam sepatu.

Baca Juga: Mulai Musim Hujan, Curug di Majalengka Ini Syahdunya Gak Ada Lawan

10. Cek Kondisi Secara Berkala

Periksa kondisi sepatu secara berkala. Jika ada kerusakan atau kebocoran, segera perbaiki agar dapat terus melindungi kaki Anda dengan baik.

Dengan merawat sepatu dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa mereka tetap nyaman, tahan lama, dan tetap terlihat bagus meskipun digunakan dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT