Sukabumi Update

1 Februari Hari Hijab Sedunia, 10 Tips Memakai Hijab Untuk Pemula Agar Nyaman

Ilustrasi - 1 Februari Hari Hijab Sedunia, 10 Tips Memakai Hijab Untuk Pemula Agar Nyaman (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - 1 Februari diperingati sebagai hari hijab sedunia. Momen ini diperingati oleh jutaan wanita muslim sebagai bentuk ekspresi kebebasan dalam hal berpakaian sopan dan menggunakan hijab.

Peringatan ini sendiri diinisiasi oleh seorang wanita bernama Nazma Khan, Ia diketahui sebagai seorang muslim yang tinggal di Kota New York.

Ia ingin menumbuhkan toleransi dalam beragama dan mengajak seluruh perempuan muslim untuk bersatu dalam satu hari peringatan tertentu. Dengan memperingati hari hijab, diharapkan bisa mengakhiri diskriminasi dari masyarakat.

Baca Juga: Perbedaan Jilbab dan Hijab untuk Menutup Aurat Wanita Muslim, Sudah Tahu?

Terlepas dari peringatan tersebut, saat ini masih banyak wanita muslim yang belum menggunakan hijab karena berbagai alasan salah satunya merasa tidak nyaman.

Padahal, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk orang yang ingin mencoba memakai hijab agar merasa nyaman dalam beraktivitas. Nah, berikut adalah beberapa tips yang mungkin akan membantu.

1. Pilih Material yang Nyaman

Pilih hijab yang terbuat dari bahan yang nyaman seperti katun, jersey, atau chiffon. Pastikan bahan hijab tidak terlalu tebal atau tipis, sesuai dengan cuaca dan aktivitas sehari-hari.

2. Kenali Bentuk Wajah

Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda. Pilihlah gaya pemakaian hijab yang sesuai dengan bentuk wajahmu.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman, Jangan Asal Beli Ya!

3. Gunakan Inner Ninja atau Ciput

Untuk memastikan hijab tetap pada tempatnya, gunakan inner ninja atau ciput. Ini membantu hijab tidak bergeser dan tetap nyaman sepanjang hari.

4. Pelajari Teknik Memakai Hijab

Belajarlah beberapa teknik memakai hijab, seperti segi empat, pashmina, atau segi tiga. Pilihlah yang paling nyaman dan sesuai dengan gaya pribadimu.

5. Jangan Terlalu Kencang

Pastikan tidak mengikat hijab terlalu kencang. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit kepala.

Baca Juga: 4 Jenis Parfum dan Kegunaannya, Ketahui Sebelum Membeli

6. Eksplorasi Gaya Pribadi

Cobalah berbagai gaya dan warna hijab untuk menemukan apa yang paling sesuai dengan kepribadian dan gayamu.

7. Perhatikan Warna dan Padanan Busana

Pilih warna hijab yang sesuai dengan warna kulitmu dan padankan dengan busana yang akan kamu kenakan.

8. Bawa Cadar atau Pashmina Cadar

Untuk situasi tertentu, seperti ketika cuaca buruk atau sedang bepergian, bawa cadar atau pashmina cadar sebagai alternatif untuk memberikan perlindungan lebih.

Baca Juga: 9 Keistimewaan Hijab Bagi Muslimah, Cara Islam Memuliakan Wanita

9. Perhatikan Panjang Hijab

Sesuaikan panjang hijab dengan kenyamanan diri sendiri. Hindari hijab yang terlalu pendek atau terlalu panjang sehingga mengganggu aktivitasmu.

10. Perawatan Hijab

Perawatan yang baik akan membuat hijab tetap awet dan nyaman. Pastikan untuk mencuci dan merawat hijab sesuai dengan petunjuk perawatan pada label.

Ingatlah bahwa pengalaman memakai hijab bisa berbeda untuk setiap individu. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menyesuaikan gaya pemakaian hijab dengan kenyamanan dan gayamu sendiri.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT