Sukabumi Update

Dengan Sentuhan Modern, Didiet Maulana Kenalkan Kebaya kepada Anak Muda

SUKABUMIUPDATE.com - Kebaya merupakan pakaian tradisional wanita di Indonesia. Namun kini, pemakaian kostum khas nusantara ini bisa dipadukan dengan sentuhan modern agar lebih mudah dikenalkan kepada anak muda. Salah satunya apa yang dilakukan oleh perancang busana, Didiet Maulana.

Menurut Didiet, anak muda Indonesia mampu mengenalkan kebaya dan kain tradisional secara lebih luas, antara lain melalui aplikasi tiktok dan platform media sosial lainnya.

Ia mengatakan, saat ini banyak anak muda yang gemar melakukan gerakan inspiratif di aplikasi tiktok dengan mengenakan kebaya. Dengan cara itu mereka dapat mengenal kekayaan negara sendiri dan tidak mengagungkan negara lain.

Didiet menuturkan, sebagai upaya untuk meninggalkan kesan kuno, maka sah-sah saja memadukan penggunaan kebaya dengan sentuhan modern, seperti tidak menggunakan kain tradisional untuk bawahan dan malah dipadukan dengan celana.

"Itu lebih kasual," kata Didiet dalam launching buku "Kisah Kebaya" yang digelar secara online, Senin, 18 Januari 2021 dikutip dari suara.com.

Ia juga berharap bahwa dengan semakin seringnya kebaya digunakan dalam beragam kegiatan, maka akan setara dengan kain sari di India dan kimono di Jepang.

Bahkan Didiet menyebut, anak muda di Jepang dikenalkan kain dan pakaian tradisional untuk selanjutnya dikreasikan dengan tren yang kekinian.

Ia mengungkapkan bahwa di salah satu sekolah mode di Tokyo, para siswa diajak untuk memodifikasi kimono dengan menggunakan bahan lain seperti denim dan linen agar lebih relevan.

Demi memajukan industri fesyen Tanah Air, Didiet meluncurkan buku yang bertajuk "Kisah Kebaya" yang berisi serba-serbi kebaya, busana, dan kain tradisional Indonesia. Dalam bukunya tersebut, ia juga membagikan sejumlah tips memadukan kebaya dengan aksesoris yang serasi.

Sumber: suara.com

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI