TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Profil Cak Nun Emha Ainun Najib, Sastrawan yang Viral Usai Sebut Jokowi Seperti Firaun

Sosok Cak Nun, Emha Ainun Najib (Sumber : Youtube/@CakNun.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Cak Nun sapaan akrab Emha Ainun Najib saat ini ramai diperbincangkan warganet usai ucapan kontroversialnya tentang Presiden Jokowi.

Cak Nun memang terkenal di kalangan sastrawan, budayawan hingga pejabat negara, namun tetap ada sebagian masyarakat yang bertanya-tanya siapa sosok Cak Nun ini.

Melansir suara.com, pandangan dan karya-karya sastra Cak Nun telah tersebar dan dikenal secara luas dengan gaya penyampaian berbeda tentang keresahan hati soal masalah sosial dan keagamaan.

Baca Juga: Cak Nun Trending di Twitter Usai Perkataanya yang Menyebut Jokowi Mirip Firaun

Profil Cak Nun Emha Ainun Najib

Cak Nun yang memiliki nama lengkap Muhammad Ainun Nadjib, merupakan salah satu tokoh keagamaan, penyair, dan budayawan yang terkenal. Lahir di Menturo, Sumobito, Jombang, Jawa Timur pada tanggal 27 Mei 1953 yang berasal dari pasangan M. A. Lathief dan Halimah dan merupakan putra keempat dari lima belas bersaudara.

Ayahnya adalah seorang pemimpin lembaga pendidikan dan merupakan pengelola TK sampai SMP.

Cak Nun pernah menjalani pendidikan di Pondok Modern Gontor-Ponorogo dan menamatkan pendidikannya di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Namun sayangnya pendidikan formalnya di UGM, tepatnya di Fakultas Ekonomi, hanya mampu Cak Nun selesaikan 1 semester saja.

Baca Juga: Ancaman Resesi Global, Stafsus Menkeu Optimis Ekonomi RI Bisa Capai 5%

Perjalanan Karir Cak Nun Emha Ainun Najib

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT