Sukabumi Update

Raihan Hawary, Pemuda Sukabumi Juara MTQ Nasional 1 Abad Nahdlatul Ulama

Raihan Hawary, pemuda 22 tahun warga Warudoyong Kota Sukabumi menjuarai MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) tingkat nasional yang diadakan oleh PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) 2023 (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda 22 tahun warga Warudoyong Kota Sukabumi menjuarai MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) tingkat nasional yang diadakan oleh PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) 2023. MTQ berlangsung di Solo, 15-21 januari 2023 lalu, yang merupakan rangkaian perayaan 1 abad NU (Nahdlatul Ulama)

Dalam perlombaan dengan peserta dari seluruh Indonesia ini, Raihan mewakili PWNU Jawa Barat. Raihan saat ini adalah santri sekaligus mahasiswa semester 8 di Pesantren Al-falah Cicalengka Kabupaten Sumedang.

MTQ adalah cita-citanya sejak kecil. Saat masih berusia 8 tahun atau sejak sekolah dasar di Sukabumi, Raihan selalu tertarik berkompetisi di bidang keagamaan, mulai dari lomba azan, baca tulis alquran hingga kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur'an.

Selama 3 tahun, Raihan juga belajar dari sejumlah QORI MTQ di pesantren khusus Al-Qur'an Al-Ghozaliyah Citamiang Kota Sukabumi.

“Ayah adalah guru bahasa Arab di MAN 1 Kota Sukabumi, beliau yang mengarahkan saya mendalami baca alquran khususnya untuk MTQ,” ucap Raihan kepada sukabumiupdate.com, Rabu (25/1/2023).

Bakar itu ditemukan sang ayah, saat melihat Raihan ikut lomba adzan. “Ayah langsung memanggil guru MTQ ke rumah, dan saya mulai mendalaminya,” ungkap raihan.

Baca Juga: Menodai Toleransi, Kemlu RI Kecam Pembakaran Alquran di Swedia

Selama itu Raihan terus belajar dan meneladani guru-guru yang juga menjadi panutan atau idolanya dalam dunia MTQ. Salah satu gurunya, Firman santri pesantren Al-Ghozalian.

“Saya mengidolakan Syekh Mustafa Ismail dari Mesir. Saya anggap bapak Qari dunia. Ini jadi referensi mendalami ilmu Qari,” beber Raihan.

Dari sana, juara demi juara diraih dari banyak perlombaan, mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kota kabupaten dan provinsi. Saat ini Raihan mampu membuktikan sebagai juarai MTQ tingkat nasional.

"Alhamdulillah kalo tingkat provinsi saya pernah beberapa kali jadi juara. Untuk nasional, baru sekarang di kejuaraan MTQ yang diadakan oleh PBNU ini" ungkap raihan kepada sukabumiupdate.com, Selasa 24 januari 2023

Berikut profil singkatnya;

Baca Juga: Karnaval Hingga MTQ, Melihat Meriahnya Hari Santri di Ciracap Sukabumi

Nama: Raihan Hawary

Alamat: Jalan Pelabuhan II. Warudoyong Gg.masjid RT 01/05 nomor 05 Kota Sukabumi

Tempat Tanggal Lahir: Sukabumi, 10 November 2001

Riwayat pendidikan:
- MTS Syamsul Ulum
- MAN 1 Kota Sukabumi
- STAI Al-falah Cicalengka

Nama orangtua:
Ayah: Ade Kamaludin S.Pd.i
Ibu : Neng Ratna Komala

Saudara:
- Rifa Kalamila (kakak)
- Rizal Nurzain (kakak)

Reporter: Asep Awaludin (Magang)

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT