Sukabumi Update

Hardiknas 2 Mei: Ini 10 Ajaran Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional

Hardiknas 2 Mei: Ini 10 Ajaran Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional (Sumber : Instagram/@bangsamahardika)

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari nasional yang bukan hari libur dan ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Hardiknas setiap tanggal 2 Mei adalah untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Ki Hajar Dewantara disebut juga Bapak Pendidikan Nasional, pahlawan nasional, sekaligus salah satu penggerak utama kebangkitan nasional. Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Soewardi Soerjaningrat, masyhur pula disebut sebagai orang yang meletakkan pondasi pendidikan nasional.

Tak hanya diakui sebagai tokoh pendidikan terkemuka, Ki Hajar Dewantara juga dikenal berkat ajaran-ajarannya. Ini karena banyak ajaran Ki Hajar Dewantara yang diimplementasikan sebagai landasan kebijakan pendidikan.

Baca Juga: 5 Fakta Pembunuhan Siswi di Cianjur: Korban Hamil, Ditembak Pacar hingga Tewas

Dikutip dari buku Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya via Tempo.co, berikut 10 ajaran Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional:

1. Lawan sastra ngesti mulya

Dengan ilmu pengetahuan kita menuju kemuliaan. Inilah yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara dengan Tamansiswanya, untuk kemuliaan bangsa dan rakyat. Semboyan ini menjelaskan maksud tahun berdirinya Perguruan Taman Siswa.

2. Suci tata ngesti tunggal

Dengan kesucian batin dan teraturnya hidup lahir kita mengejar kesempurnaan atau Kesucian dan ketertiban menuju kesatuan. Ini sebagai janji yang harus dilaksanakan oleh setiap pejuang Tamansiswa.

Semboyan Ki Hajar Dewantara ini untuk mengenang tahun berdirinya Persatuan Taman Siswa.

3. Hak diri untuk menuntut salam dan bahagia

Setiap orang mempunyai hak untuk memperoleh kebahagiaan, kesejahteraan lahir dan batin.

4. Salam bahagia diri tidak boleh menyalahi damainya masyarakat

Segala kepentingan bersama harus diletakkan diletakkan di atas kepentingan pribadi masing-masing.

Baca Juga: Sinopsis Film Buya Hamka: Kisah Sastrawan, Ulama sekaligus Pahlawan Indonesia

Oleh karena itu tak mungkin kita masing-masing akan hidup selamat dan bahagia, apabila masyarakat terganggu, tidak tertib dan damai.

5. Kodrat alam itulah penunjuk untuk hidup sempurna

Jangalah hidup kita bertentangan dengan Kodrat Alam. Petunjuk dalam Kodrat Alam kita jadikan pedoman hidup, baik sebagai individu, sebagai bangsa maupun anggota dari alam kemanusiaan.

6. Alam hidup manusia adalah alam hidup perbulatan

Hidup kita masing-masing ada dalam lingkungan berbagai alam khusus, yang saling berhubungan dan berpengaruh. Alam khusus berarti alam diri, alam kebangsaan, dan alam kemanusiaan.

Rasa diri, rasa bangga, dan rasa kemanusiaan senantiasa hidup dalam sanubari kita masing-masing.

7. Kita berhamba kepada sang anak

Kita dengan ikhlas hati dan dan bebas dari ikatan apapun, mendekati sang anak dan mengorbankan diri kepadanya Jangan si murid untuk si guru tetapi si guru untuk si murid.

8. Tetep - antep - mantep

Tetep memilki arti ketetapan hati, tetap pada pendiriannya tidak tergoyahkan oleh pengaruh negatif. Antep memilki arti berat, berbobot, bermutu. Mantep memilki arti mantap, tetap pada pilihannya.

9. Ngandel - kendel - bandel - kandel

Ngandel memilki arti percaya, yakin kepada penguasa Tuhan dan kekuatan diri. Kendel memilki arti berani, menghindarkan rasa takut atau wasangka.

Baca Juga: 4 Fakta Kasus Pencabulan di Al Zaytun, Ponpes Viral Karena Kontroversi Shalat Ied

Bandel memilki arti tahan, tawakal, hatinya kuat menderita. Kandel atau tebal memilki arti meskipun menderita, tubuhnya kuat.

10. Neng - ning - nung - nang

Neng memilki arti “meneng”, yakni tenteram batinnya. Ning dari kaat "wening" memilki arti jernih pikirannya.

Nung dari kata “hanung” memilki arti kuat, sentosa dalam kemauannya, yaitu kokoh dalam segala kekuatannya, lahir dan batin, untuk mencapai apa yang dikehendaki; Nang dari kata “menang” memilki arti berhak atas buah usahanya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT