Sukabumi Update

Kisah Sukses Ikbal Abiyasa, Youtuber Game Sejati Asal Bandung

SUKABUMIUPATE.com - Sambil menyelam minum air, peribahasa ini cocok sekali dengan apa yang dijalani Ikbal Abiyasa Dwi Cahyo (30 tahun). Youtubers pemilik akun Gamer sejati  ini sukses "menyulap" hobinya, menjadi pundi-pundi rupiah.

Pemuda asal Kota Bandung, Jawa Barat ini mengisahkan perjalanan sukses sebagai youtuber.  Itu diawali keisengan Ikbal, yang hanya coba-coba mengupload videonya saat bermain game pada Juni 2015.

"Pada bulan pertama memang hanya satu dollar, kalau di rupiahkan sekitar 13 ribu," kata Ikbal kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/12/2017).

BACA JUGA: Uwa Kardji, Veteran Asal Jampang Kabupaten Sukabumi

Meski begitu, semangat Ikbal tidak luntur. Ia terus membuat konten video yang lebih kreatif. "Bulan selanjutnya, penghasilan saya meningkat hingga kisaran 100 dollar," tutur Ikbal.

Usaha Ikbal berbuah manis. Konten video berisi aktifitasnya saat bermain game, membuat banyak pengguna Youtube tertarik. Tak heran, jumlah pelanggan akun youtubenya pun merangkak, hingga lebih dari 481 ribu pelanggan.

"Kalau sekarang, nilai monetisasinya lumayan fantastis," katanya.

Ikbal punya beragam trik agar konten video di akun youtube Game Sejati banyak ditonton. Salah satunya, dengan menayangkan langsung turnamen game online antar negara.

BACA JUGA: Sederet Prestasi Hiasi Remaja Asal Jampangkulon Kabupaten Sukabumi

"Kalau ada arena kontes biasanya live streaming saja," katanya.

Menurut Ikbal, jika sudah bermain game Ia sering lupa waktu, termasuk urusan makan. Kecuali ada yang mengingatkan atau sadar sendiri. " Kalau sudah candu bisa standbye 24 jam didepan komputer atau gadget," bebernya.

Lebih lanjut, untuk menjadi Yutuber dengan banyak viewe hal pertama  yaitu harus senang dulu atau memilih hobi yang sesuai dengan kesukaan, misalnya seperti senang game, olah raga, masak dan yang lainya.

"Kendala buat pemula biasanya enggak percaya diri. Padahal yang penting asal rekam pake HP selama satu bulan juga sudah pede. Tidak usah mikirin gimana ngeditnya, sudah banyak  tutorial buat edit video," ingatnya.

BACA JUGA: Bangga Terhadap Budaya, Yhoan Pesilat Cantik Asal Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi

Tips lainnya, Ia menyarankan untuk mengunggah video secara rutin. Minimal seminggu sekali, lebih bagusnya lagi setiap hari satu video.

"Ketiga mengikuti trending topik yang ramai di perbincangkan di media sosial sebelum mencoba yang lainya," jelasnya.

Ikbal menilai peluang menjadi youtuber terkenal di Kota Sukabumi masih terbuka lebar. Apalagi Internet saat ini mulai murah serta didukung perkembangan teknologi canggih yang semakin canggih. 

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI