Sukabumi Update

Anton Muharom Buka-bukaan Resep Rahasia Bangun Desa Cimanggu Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Usianya terbilang masih muda, 32 tahun. Tapi Anton Muharom sudah menjadi orang nomor satu di desanya. Yah, dia adalah Kepala Desa (Kades) Cimanggu Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi.

Gaya memimpinnya pun menyesuaikan dengan usia, lebih supel sehingga memudahkan komunikasi dengan orang tua ataupun yang muda.

BACA JUGA: Kisah Sukses Ikbal Abiyasa, Youtuber Game Sejati Asal Bandung

Menjabat menjadi kades sudah pasti bersinggungan dengan ilmu pemerintahan. Tentang hal itu, pria kelahiran 7 Maret 1985 ini cukup berpengalaman karena pernah menjadi pegawai Kecamatan Cimanggu. Ditambah ilmu pemerintahan yang didapatnya semasa kuliah.

Mulanya, tak sedikit pun terlintas dipikiran Anton mengenai jabatan Kades. Pada saat itu Desa Cimanggu dalam waktu dekat akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan dorongan pun mengalir deras kepada Anton.

"Saya tak pernah berpikir untuk menjadi kepala desa, hanya pada saat itu banyak yang mendorong saya untuk mencalonkan diri termasuk Pak Camat yang saat itu menjadi atasan saya," ungkap Anton saat berbincang dengan sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Uwa Kardji, Veteran Asal Jampang Kabupaten Sukabumi

Atas dorongan dari masyarakat dan tokoh - tokoh inilah, Anton membulatkan tekad mencalonkan diri dalam Pilkades Cimanggu. Hasilnya, dia menang dengan jumlah suara yang paling unggul dari calon-calon lainnya.

Anton memiliki resep yang sederhana agar pembangunan desa dapat berjalan lancar, yaitu kedekatan dengan masyarakat.

"Jabatan kepala desa ini adalah jabatan strategis bukan Politis," ujarnya.

BACA JUGA: Sederet Prestasi Hiasi Remaja Asal Jampangkulon Kabupaten Sukabumi

Saat ini Anton sedang mencari cara mengembalikan potensi lokal Desa Cimanggu yang dulu dikenal sebagai desa Penghasil Beras Bagolo (Beras Merah Super) dan unggul dalam usaha budidaya perikanan. Menurut dia, sumber daya alam yang ada di Desa Cimanggu yang melimpah harus dikelola sebaik-baiknya.

Kini secara bertahap, Anton bersama masyarakat membangun infastruktur jalan dan pengolahan sumber air.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI