Sukabumi Update

Wayang Sukuraga Asal Sukabumi Bakal Tampil di Negeri Gajah Putih

SUKABUMIUPDATE.com - Wayang Sukuraga karya Effendi (50 tahun) akan tampil di Thailand dalam event International Conference Education. Di Negeri Gajah Putih itu, selama sembilan hari warga Warga Kampung Sukakarya, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi ini akan memperkenalkan budaya Indonesia khususnya Sukabumi.

Selain tampil dalam event International Conference Education, pria yang akrab disapa Fendi ini bersama rombongan akan mengunjungi sejumlah universitas yang ada di Thailand.

BACA JUGA:  Kunci Sukses Kapolsek Sagaranten, Tembok Bisa Ditembus Seperti Tisu

"Iya rencananya  tanggal 5 hingga 13 April ini kami ke Thailand. Ada empat orang yang berangkat," ujarnya, Selasa (3/4/2018).

Menurut Fendi, tampil di event internasional itu menjadi momentun untuk menduniakan wayang Sukuraga. Apalagi, kata Fendi tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama.

"Ini kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan Wayang Sukuraga ke Kancah internasional," ungkapnya.

BACA JUGA: Engkus, Tutor Bahasa Inggris Online Difabel Asal Nyalindung Sukabumi

Fendi mengungkapkan, menjual merchandise Sukuraga untuk biaya keberangkatanya juga dibantu donatur. Fendi tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah daerah.

"Tidak ada bantuan. Sebab, saya juga tidak meminta ke pemerintah. Tapi Alhamdulillah bisa berangkat dengan hasil menjual merchandise. Selain itu ada juga dari sejumlah donatur yang membantu biaya keberangkatan," terangnya.

BACA JUGA: Demi Bantu Orang Tua, Mojang Asal Perbawati Sukabumi Ini Jual Jagung Bakar

Fendi mengatakan, melalui langkah-langkah tersebut, wayang Sukuraga bisa dikenal di seluruh dunia. Apalagi wayang Sukuraga ini tidak hanya untuk seni pertunjukan, tetapi menjadi pendidikan karakter.

"Wayang Sukuraga ini kan, wayang yang karakternya anggota badan. Misalnya ada karakter mata, kaki, tangan, telinga, hidung, dan mulut. Semua itu menjadi karakter masing-masing," pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI