Sukabumi Update

Semangat Banpol Polsek Ciracap di Sukabumi, Ikhlas Meski Tak Dapat THR

SUKABUMIUPDATE.com - Iwan Setiawan (41 tahun) dan Kusnadi (52 tahun), sudah puluhan tahun menjalani keseharian sebagai sukarelawan membantu (Banpol) Kepolisian Sektor Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Keduanya terlihat semangat menjalani rutinitas, meskipun sukarelawan Banpol tak mendapat honor tetap.

Sebagai anggota Banpol, Iwan dan Kusnadi bertugas membantu anggota polisi. Mereka biasa berjaga di Pos Waluran, Kecamatan Waluran, yang secara administarsi wilayah hukum, termasuk wilayah Polsek Ciracap.

BACA JUGA: Komunitas Share Eat Berbagi ke Anak Yatim dan Disabilitas di Sukabumi

Keduanya menjalankan pekerjaan mulai dari membersihkan dan menjaga pos, hingga membantu mengatasi kemacetan atau kecelakaan. Selama operasi lodaya musim mudi tahun ini, keduanya pun akan bertugas mengatur lalu lintas di Perapatan Waluran, bisa juga di Ujunggenteng.

"Atau dibawa ke Ujunggenteng sama komandan. Mendampingi Danpos kalau ada giat," ujar Kusnadi ditemui sukabumiupdate.com, Senin (11/6/2018).

Kusnadi mengaku sudah hampir 20 tahun menjadi Banpol. Meski uangnya tidak seberapa, Kusnadi cukup bangga menjadi Banpol.

"Ini benar-benar pengabdian. Kendati soal materi tidak menentu, termasuk enggak pasti dapat THR, kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari kepolisian," imbuh Kusnadi.

Hal senada juga disampaikan Iwan Setiawan. Bapak empat anak ini mengaku senang bisa membantu polisi. Tidak mempermasalahkan soal materi.

"Sampai saat ini kami bisa menyekolahkan anak dan seminggu sekali bisa pulang ke Kalibunder," ucapnya.

"Memang tidak ada cita-cita untuk jadi Banpol, pengalaman hidup yang membawa untuk jadi sukarelawan tersebut. Kami bersyukur atas bimbingan Kepolisian Sektor Ciracap, terutama Danpos Waluran Pak Hendarko, kami bisa berbakti seusai kemampuan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI