Sukabumi Update

Rumah Pintar SIKIB di Cijangkar, Kenangan Ani Yudhoyono di Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com –Inilah rumah pintar yang dibangun dan digagas almarhum ibu Ani Yudhono pada tahun 2009 silam di Kampung Cijangkar, Keluarahan Cisarua, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Salah satu kenangan sosok almarhum Ani Yudhoyono yang memberikan perhatian khusus untuk pendidikan dan kesehatan bagi warga dan anak anak yang tinggal di salah satu kawasan terpadat di Kota Sukabumi ini.

10 tahun berlalu, Sabtu petang (1/06/2019) reporter sukabumiupdate.com, kembali mendatangi bangunan yang diresmikan langsung oleh bu Ani pada saat itu, bersama rombongan istri menteri yang tergabung dalam SIKIB, (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu). Bangunan ini tambah bersih karena memang beroperasi maksimal sebagai tempat pendidikan anak usia dini, pusat kesehatan masyarakat dan kegiatan sosial lainnya bagi warga setempat.

Sekarang diatas plang rumah pintar SIKIB, sudah terpampang papan bertuliskan PAUD Aster Putih, di sebelah kanannya ada plang posyandu / posbindu Aster VI. Bangunannyapun terawat dengan baik, tembok depan dipenuhi gambar kartun khas bangunan PAUD, bahkan di halamannyapun dilengkap sejumlah permainkan anak anak.

BACA JUGA: Potret SBY Menangis Sesaat Setelah Ibu Ani Yudhoyono Meninggal Dunia

“Iya ini bangunan rumah pintar dari almarhum bu Ani, kami mengucapkan belasungkawa. Semoga menjadi ahli surga atas amal ibadahnya. Amin,” jelas Wawan, warga yang tinggal tak jauh dari bangunan tersebut.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang di pasar gudang Kota Sukabumi ini mengakui bantuan almarhum bu Ani dan SIKIB ini sangat bermanfaat bagi warga Cijangkar yang selama ini dikenal sebagai kawasan kumuh. 

Sekedar mengingaktkan, bangntuan ini diresmikan pada puncak kegiatan HUT SIKIB, oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono program Kelurahan Sejahtera pada hari Rabu 29 Juni 2019 Silam. Selain membangun rumah pintar kadeudeuh, bu Ani juga menyerahkan mobil dan motor pintar kepada Walikota Sukabumi pada waktu itu Muslikh Abdussyukur. di Kampung Cijangkar, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole.

Program ini merupakan upaya SIKIB dalam mewujudkan tatanan kehidupan dan penghidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang cerdas, sehat dan sejahtera. Keluarahan Cisarua, Kecamatan Cikote, Kota Sukabumi dijadikan binaan untuk mengajak dan memberdayakan potensi masyarakat desa dalam meningkatkan kualitas hidup dan perilaku hidup sehat.

Sebagai rasa terimakasih kepada Ani Yudhoyono, walikota pada waktu itu memberikan nama jalan akses menuju lokasi dengan nama SIKIP. Nama jalan ini masih terpampang dipintu masuk Cijangkar dari arah Jalan Raya Otista, sebelah rel kereta api.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI