Sukabumi Update

Arti Seni Lukis Ayat Alquran Bagi Said, Mahasiswa Sukabumi Langganan Juara Kaligrafi

SUKABUMIUPDATE.com – Bagi Said Fadhil Dian Ramadhan, kaligrafi atau seni melukis indah ayat ayat Alquran adalah jalan kehidupannya. Mahasiswa Mahasiswa STAI Sukabumi semester 3 jurusan Tarbiyah ini langganan juara kaligrafi. 

Demi mendalami ilmu kaligrafi, Said nekat merantau jauh dari tanah kelahiran di Mandah Provinsi Riau ke Kota Sukabumi Jawa Barat pada 1 Agustus 2017 silam. 

“Bagi saya Lemka adalah tempat impian, saya sudah suka menulis dari kecil. Mulai menekuni kaligrafi sejak saya SMA di Al Munawarah, hingga guru saya menyarankan untuk melanjutkan pendidikan kaligrafi ke Lemka, dan saya merasa bahwa bakat saya ini memang di tulisan,” jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (20/10/2020).

Said kemudian menjadi salah satu santri di Pesantren Kaligrafi Lemka, yang berada di Kelurahan Karamat Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi. “Awalnya orangtua tidak mengijinkan merantau jauh, namun setelah tiga kali saya mengajukan permohonan akhirnya orangtua saya mengijinkan dan mengantarkan saya ke Sukabumi pada tahun 2017,” ungkapnya. 

Naskah pilihan surat Al ahzab ayat 13 dan 14, salah satu karya Said (dok pribadi)

Said kemudian mulai menekuni setiap ilmu kaligrafi yang diturunkan di Pesantren Lemka. Sempat belajar dengan biaya sendiri, pada tahun 2018 Said mulai direkrut pemerintah daerah Kabupaten Indragiri hilir, Riau sebagai pelajar penerima beasiswa. 

“Saya harus membela Kabupaten Indragili Hilir dalam setiap perlombaan MTQ di Provinsi Riau, dan beasiswa ini masih berjalan sampai sekarang,” tutur Said.

Tak mengecewakan, prestasi moncer dalam sejumlah perlombaan kaligrafi diraih Said. Mulai dari juara 3 cabang naskah (khat) tingkat kota Sukabumi pada tahun 2018, juara 1 cabang naskah (khat) tingkat Kabupaten Indragiri Hilir 2018, juara 2 cabang naskah (khat) tingkat Provinsi Riau 2018, juara 1 cabang naskah (khat) tingkat Kabupaten Indragiri Hilir 2019, harapan 3 cabang naskah (khat) tingkat provinsi Riau 2019.

“Kaligrafi menjadi jalan kehidupan saya,” pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI