Sukabumi Update

Masih Ingat Mang Enceng? Tunanetra Penjual Es Krim di Sukabumi Kembali ke Jalan

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat dengan Mang Enceng? Pria tunanetra berusia 46 tahun tersebut adalah penjual es krim keliling yang sering ditemui di Kota Sukabumi.

Ia sempat viral usai es krim dagangan berikut klenengnya dicuri orang di kawasan Sriwedari, Kota Sukabumi medio 2019 lalu, tepatnya pada bulan Juli 2019. Ia ditipu seseorang yang mengaku ingin memborong dagangan, padahal ingin merampoknya.

Meski nasib buruk menimpanya saat itu, Mang Enceng yang tetap kalem dan berpikiran positif justru mendapat rezeki yang lebih melimpah.

BACA JUGA: Enceng, Pedagang Es Krim Tunanetra Asal Sukabumi Cerita Kisah Cinta di Hitam Putih

Ia mendapat bantuan dari berbagai pihak yang bersimpati kepadanya. Selain itu, Mang Enceng juga sampai diundang tampil di acara talkshow salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Satu tahun lebih berlalu sejak peristiwa itu, Mang Enceng kembali nampak berjualan, menjajakkan es krim. Ditemui di trotoar Jalan Kenari, Cikole, Kota Sukabumi, Mang Enceng yang sedang berteduh dari terik matahari di bawah pohon nangka itu membuka topi lusuhnya, lalu sesekali mengusap keringat yang mengucur di pelipisnya.

"Iya, balik lagi berjualan. Sudah satu tahun sejak kejadian itu. Sama sekali enggak trauma. Rezeki itu sudah ada yang atur, enggak usah takut. Yang penting mau usaha," kata Enceng kepada sukabumiupdate.com, Senin (16/11/2020).

BACA JUGA: Tak Lapor Polisi, Enceng Doakan Pencuri Boks Es Krim Miliknya Agar Diberikan Hidayah

Pria asal Cinagen, Jampang Kulon yang kini tinggal di kawasan Cigunung itu tak terlihat kapok, apalagi jera berjualan es krim lagi di jalan.

"Biasanya kan jualan ke sekolah-sekolah. Tapi karena sekolah masih tutup, jadi ke jalan aja. Ini juga lagi jalan sekalian mau pulang, lewat sini," tutup Enceng seraya berpamitan hendak pulang berjalan kaki.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI