Sukabumi Update

Sundar Pichai, Bos Google yang Suka Bangun Siang dan Menyendiri

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Sundar Pichai mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, ia memiliki peranan yang begitu besar di balik mesin pencari Google. Pemilik nama asli Pitchai Sundararajan ini adalah CEO Google.

Sebelum menempati posisi yang strategis di perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin itu, ia adalah kepala manajemen dan pengembangan produk. Pada 2012, lelaki kelahiran Tamil Nadu ini diangkat menjadi wakil presiden senior di Google. Dua tahun berselang, ia didapuk sebagai kepala produk di Google dan sistem operasi ponsel Android.

Kiprahnya tak hanya sampai di situ. Pada 2014, Pichai juga telah membantu menegosiasikan kesepakatan Google senilai USD 3,2 miliar untuk mengakuisisi Nest Labs. Keberhasilan dalam menangani sejumlah proyek besar di Google membuatnya menjadi CEO pada 2015. Berikut beberapa fakta menarik tentang Pichai.

photoLogo Google. - ( Reuters/Arnd Wiegmann)

Tinggal di rumah bersama penyewa

Pichai mengatakan dulu tinggal di rumah sederhana bersama dengan seorang penyewa. Ia bahkan kerap tidur di ruang tamu. "Ada kesederhanaan dalam hidup saya, yang sangat bagus dibandingkan dengan dunia saat ini. Kami tinggal di rumah sederhana, bersama dengan penyewa. Kami tidur di ruang tamu," katanya.

Hobi kriket di jalanan

Selain suka membaca, Pichai ternyata juga gemar bermain kriket. "Saya punya banyak waktu untuk membaca, banyak memproses. Saya membaca apapun yang bisa saya dapatkan. Saya membaca karya Charles Dickens. Bermain kriket di jalanan, membaca buku, itu adalah totalitas kehidupan saya," ucapnya.

Diperebutkan oleh Microsoft

Pichai terpilih sebagai pesaing CEO Microsoft pada 2014. Kala itu, ia berencana bekerja untuk Microsoft, kecuali jika Google mau mempertahankannya dengan menjanjikan saham senilai USD 50 juta per tahun.

Biasa bangun siang

Siapa sangka Pichai biasa bangun siang. Namun, bangun siang untuk ukurannya adalah pukul 06.30-07.00.

Menyendiri setelah bangun tidur

Setelah bangun pagi, Sundar Pichai biasanya memilih untuk menyendiri dengan membaca koran atau minum teh.

SUMBER: TEMPO

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI