Sukabumi Update

Beach Trail Run 2022, Bangkitkan Ekonomi Sukabumi Lewat Sport Tourism

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami melepas 1.100 peserta Kemenpora Beach Trail Run 2022 di Pantai Batubintang, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (30/10/2022).

Marwan mengaku bersyukur atas terselenggaranya event yang diinisiasi Kemenpora ini lantaran event wisata olahraga atau sport tourism tersebut dapat mendorong bertumbuhnya pariwisata di kawasan CPUGGp. 

"Kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi cukup luas sehingga event seperti ini harus didorong oleh pemerintah pusat," ujarnya kepada awak media.

Menurut Marwan, event bertema Sport Tourism seperti Beach Trail Run berpotensi dapat mendongkrak berkembangnya laju ekonomi masyarakat di kawasan daerah wisata. Potensi alam yang dimiliki Kabupaten Sukabumi pun akan terus didorong untuk dijadikan ikon yang dapat diminati para wisatawan. 

"Kegiatan ini sangat berdampak positif terhadap peningkatakan ekonomi masyarakat, seperti pedagang makanan ataupun penginapan dapat terdorong,” kata dia.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menyebut dipilihnya Palabuhanratu menjadi tuan rumah adalah upaya mendongkrak perekonomian pasca pandemi melalui wisata olahraga.

Sukabumi, kata dia, jadi titik pertama upaya ini usai Kemenpora mengikuti rapat lintas kementerian yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dua pekan lalu.

“Ketika dua minggu lalu dipimpin Pak Luhut tentang rapat lintas kementerian yang terkait, itu memutuskan untuk mendongkrak ekonomi pasca pandemi, utama melalui sektor parisiwata. Di situ tumpuan besar justru malah event olahraga yang dijadikan alat untuk membuat para turis domestik datang ke lokasi. Sejak rapat itu Sukabumi adalah titik pertama kita memulainya,” ujar Isnanta.

Dia sepakat dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami bahwa Palabuhanratu merupakan daerah yang memiliki objek wisata pantai yang cukup populer dan ikonik di mata masyarakat internasional.

“Maka perlu kita kembangkan lagi (potensinya), alamnya keren, lautnya keren, sehingga 10 K (Beach Trail Run) ini menjadi penting untuk dilaksanakan dengan menyusuri tantangan yaitu di pinggir pantai berlari, jadi antara olahraga dan pariwisata akan selalu kita support,” ungkapnya.

“Habis ini kita akan event juga di Mandalika, ada event juga H2O F1 di Toba, kemudian ada di Borobudur juga ada menanjak Gunung Tidar, banyak yang kita sudah agendakan karena ini merupakan keputusan rapat nasional dalam konteks membangun ekonomi lewat olahraga,” katanya.

Dalam ajang ini para peserta akan berlari menempuh jarak sejauh kurang lebih 10 kilometer menyusuri sepanjang objek wisata pantai di pesisir teluk Palabuhanratu dengan kisaran estimasi waktu dua sampai empat jam.

Adapun untuk rute lomba yang dibuka Bupati Sukabumi Marwan Hamami ini dimulai pukul 06.00 WIB dengan start dari Pantai Batu Bintang dan finish di kawasan Grand Ina Samudera Beach Hotel.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI