Sukabumi Update

3 Film Kartun yang Berbahaya Ditonton Anak-anak, Mengandung Unsur Kekerasan

Ilustrasi. Ada beberapa film kartun berbahaya jika ditonton oleh anak-anak karena dinilai memuat unsur kekerasan | Foto: YouTube/Game Toons

SUKABUMIUPDATE.com - Film kartun memang menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak. Karakter yang dianggap lucu bisa menjadi hiburan tersendiri untuk anak kecil.

Ada banyak sekali film kartun yang bisa ditonton. Umumnya film-film itu akan mengandung unsur edukasi yang bisa ditiru oleh anak yang menontonnya semisal cara berhitung, membaca dan sebagainya.

Apalagi saat ini menonton film kartun tidak harus melalui televisi tapi juga bisa di internet seperti layanan YouTube.

Ada banyak film yang beredar di sana, ditambah dengan anak-anak zaman sekarang banyak yang telah fasih mengoperasikan gadget menjadikan mereka sangat mudah mengakses film kartun kesukaannya.

Baca Juga: Fakta Anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Season 3, Tayang Maret 2023

Karena itu para orang tua wajib selalu mendampingi anak-anak saat bermain dengan gadget mereka. pasalnya ada beberapa film kartun yang dianggap berbahaya untuk ditonton anak kecil lantaran mengandung unsur kekerasan.

Orang tua harus bisa melakukan filtrasi alias membatasi atau mencegah anak menonton tayangan yang tidak semestinya.

Lalu, film kartun apa saja yang diangap berbahaya jika ditonton anak-anak? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Tasikmalaya.suara.com.

Disimak dari akun Instagram @dearmoms.id, film kartun biasanya jadi tontonan favorit anak-anak di gadget. Entah itu dari YouTube atau dari situs lain yang bisa diakses lewat ponsel pintar.

Baca Juga: Skenario Gempa Sesar Cimandiri Menurut BMKG, Magnitudo 6,7 Untuk Wilayah Sukabumi

Namun, menurut akun IG tersebut, beberapa film kartun ternyata menyimpan bahaya laten bagi kejiwaan anak.

Tampilan kartun tersebut sekilas memang dikemas sedemikian rupa untuk tontonan anak. Tetapi jika ditelisik lebih dalam, beberapa di antaranya mengandung unsur kekerasan yang sangat berbahaya jika ditiru oleh anak-anak.

1. Happy Tree Friends

Happy Tree Friends merupakan serial kartun asal Inggris yang pertama kali rilis pada tahun 1999. Kartun ini bergenre komedi dewasa yang berisikan materi dark comedy penuh adegan berdarah yang sangat tidak direkomendasikan untuk ditonton anak-anak.

Baca Juga: Kampung Adat Miduana, Destinasi Wisata Budaya Tersembunyi di Cianjur

Di kartun ini misalnya ada adegan yang memperlihatkan tangan terpotong, kepala terlepas, semburan darah, dan scenes sadis lainnya.

2. Poppy Play Time

Poppy Play Time merupakan serial kartun yang dapat menimbulkan imajinasi negatif, bahkan dapat mempengaruhi otak dan anak-anak terancam gangguan mental.

3. Rainbow Friend

Rainbow Friend juga merupakan serial kartun dewasa yang dibalut dengan karakter lucu-lucu. Namun, siapa sangka film kartun imut ini menayangkan unsur kekerasan dan penyiksaan antar tokoh-tokohnya.

Sumber: Tasikmalaya.suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT