Sukabumi Update

10 Sinetron Ramadan Jadul: Para Pencari Tuhan hingga Islam KTP

Para Pencari Tuhan | Sinetron Ramadan Jadul (Sumber : Instagram/@pecintaparapencarituhan)

SUKABUMIUPDATE.com - Selain ibadah puasa dan kegiatan keagamaan, bulan Ramadan identik dengan sinetron religi. Sejumlah judul sinetron legendaris khas bulan Ramadan sudah melekat di masyarakat, misalnya Para Pencari Tuhan dan Kiamat Sudah Dekat.

Sinetron bertema Ramadan menjadi salah satu tontonan yang kerap dinantikan oleh masyarakat. Di akhir tahun 90-an hingga awal tahun 2000 banyak Sinetron Ramadan yang kerap menarik perhatian.

Baca Juga: Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia

Beberapa Sinetron Ramadan berikut biasanya menjadi tontonan favorit bagi kaum muslim yang menjalani Ibadah Puasa.

Para Pencari Tuhan | Sinetron Ramadan JadulPara Pencari Tuhan | Sinetron Ramadan Jadul (Sumber : Instagram/@deddy_mizwar)

Updaters, yuk Nostalgia di 10 Sinetron Ramadan Jadul: Para Pencari Tuhan hingga Islam KTP ini seperti dilansir via Suara.com!

1. Doaku Harapanku (1998)

Pelopor Sinetron Ramadan ini bercerita tentang pahitnya cobaan hidup dalam rumah tangga karakter utamanya, Anisa. Sinetron Ramadan yang dibintangi Krisdayanti ini juga menjadi perintis adanya sinetron kejar tayang atau stripping.

2. Lorong Waktu (1999)

Populer pada masanya, lorong waktu merupakan salah satu Sinetron Ramadan yang hits pada masanya. Ya, karakter Zidan dan dialog khasnya masih membekas di ingatan penonton setianya!

3. Doa Membawa Berkah (2000)

Sinetron yang tayang di Indosiar ini juga sempat menghiasi layar kaca dari tahun 2000-2001. Sinetron Ramadan ini dibintangi Tamara Bleszynski dan Anjasmara, dan terbagi menjadi dua season dengan total 103 episode.

4. Doa dan Anugerah (2002)

Kembali hadirkan persoalan kehidupan rumah tangga yang pelik, Sinetron Ramadan ini juga dibintangi oleh ibunda Aurel Hermansyah, yaitu Krisdayanti (KD). Mami KD!

5. Titipan Ilahi (2004)

Trio yang diperankan oleh Primus Yustisio, Anjasmara, dan Ramzi ini juga pernah jadi karakter yang paling dinanti saat momen Ramadan.

Baca Juga: 31 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya, Salah Satunya Caang Bulan Opat Welas

Mengisahkan tiga sahabat dengan latar belakang berbeda, Sinetron Ramadan ini mengingatkan pada suasana Ramadan zaman dulu alias jadul.

6. Kiamat Sudah Dekat (2005)

Mengisahkan persoalan kehidupan sehari-hari yang diselesaikan dengan sudut pandang islam, Sinetron Ramadan ini dibintangi oleh Deddy Mizwar, Andre Taulany, dan Zaskia Adya Mecca.

7. Rahasia Illahi (2005)

Sajikan cerita yang berbeda-beda di setiap episodenya, Rahasia Illahi juga identii dengan momen puasa Ramadan.

Sinetron Ramadan yang menceritakan tentang tokoh-tokoh jahat penerima azab ini juga cukup menarik penonton kala itu.

8. Hikmah (2006)

Kembali dibintangi Tamara Bleszynski, Hikmah mengisahkan seorang wanita yang menjalani hidup yang sulit dengan berbagai cobaan yang menderanya.

9. Para Pencari Tuhan (2007)

Meski dikemas dengan cara sederhana, Sinetron Ramadan satu ini justru berkesan dan bermakna bagi para penonton. Karena banyak peminatnya, Sinetron khas Ramadan satu ini bahkan masih ada sampai sekarang, lho!

Baca Juga: Viral Wanita Nikah dengan Diri Sendiri, Apa Itu Sologami?

Sinetron Para Pencari Tuhan menampilkan satu jilid setiap tahunnya, tahun ini sinetron yang dikenal dwngan PPT ini bakal menayangkan Jilid ke-16. Awet abis!

10. Islam KTP (2010)

Tayang di SCTV pada tahun 2010 lalu, Sinetron Ramadan Islam KTP disutradarai oleh Anjasmara. Sinetron yang sempat masuk daftar episode terbanyak ini mengangkat kisah kehidupan sehari-hari yang sudah jauh dari nilai-nilai keislaman.

Sumber: Suara.com/Nur Khasanah

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT