Sukabumi Update

Godzilla vs Kong Sukses Dirilis, Harapan Industri Bioskop di era Pandemi

SUKABUMIUPDATE.com - Godzilla vs Kong, film Warner Bros yang baru saja diluncurkan pada Rabu 24 Maret 2021, berhasil mencetak rekor baru untuk film Hollywood yang memberi harapan hidup industri film dan bioskop di era pandemi.

Film yang mengisahkan kelanjutan dari MonsterVerse ini mulai diputar di bioskop Amerika Utara dan HBO Max pada pertengahan pekan lalu. Melansir dari The Star, perilisan juga serempak di 38 pasar film di luar negeri dan berhasil mencapai mencatat 121,8 juta USD atau sekira Rp 1,762 triliun.

photoBioskop di China. - (Global Times)</span

Dari jumlah itu, pendapatan terbanyak berasal dari China yakni sebesar 70,3 juta USD atau sekira Rp 1,017 triliun. Besarnya perolehan ini menempatkan Godzilla vs Kong sebagai debutan terbesar film Hollywood di China sejak 2019.

Baca Juga :

Comscore, perusahaan penghitung pendapatan film-film Hollywood menyatakan, debut Godzilla vs Kong telah berhasil mengungguli seluruh pendapatan kotor film internasional blockbuster seperti Wonder Woman yang pernah dirilis pada Desember 1984 silam.

Pertanda Angin Segar Industri Film dan Bioskop di era Pandemi

Saat dunia dilanda pandemi virus corona, tolok ukur peluncuran film Hollywood ke luar negeri adalah film Tenet yang dirilis secara internasional pada Agustus 2020 dan mencatat pendapatan 53 juta USD atau sekira Rp 766,6 miliar.

photoBioskop di Amerika Serikat. - (Getty)</span

Kekinian, sejumlah bioskop di Amerika Serikat perlahan mulai dibuka secara massal setelah sebelumnya selama satu tahun 'buka-tutup' karena mengikuti aturan protokol kesehatan di kala pandemi. 

Meski bioskop harus beroperasi dengan kapasitas terbatas, hal tersebut tak menjadi penghalang kesuksesan perilisan film aksi produksi Universal Studio, Nobody yang berhasil  diputar secara serempak di 2.460 layar bioskop di Amerika Utara serta mencatat pendapatan 6,7 juta USD atau sekira Rp 96,9 miliar pada hari pertama. 

Baca Juga :

Pendapatan film-film tersebut akan semakin meningkat, karena beberapa bioskop di Los Angeles dan New York, dua pasar terbesar industri film kini mulai dibuka.

Sejumlah film juga mulai memberanikan untuk rilis di bioskop meski di tengah pandemi seperti film "Rotten Tomatoes", "The Little Thing", "Let Him Go", "Honest Thief" dan "The Marksman", "Tom & Jerry", "The Croods: A New Age and Raya And The Last Dragon".  

Semua ini menimbulkan optimisme bahwa industri film akan bangkit lagi setelah pandemi selesai.

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI