Sukabumi Update

Bendungan Engehalde di Swiss Tempat Eril Ditemukan Berusia Lebih dari Seabad

SUKABUMIUPDATE.com - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akhirnya ditemukan oleh kepolisian setempat di bendungan Engehalde di Bern, Swiss pada Rabu pagi 8 Juni 2022, atau dua minggu setelah Eril dinyatakan hilang terbawa arus Sungai Aare saat berenang pada Kamis, 26 Mei 2022.

Mengutip dari Tempo.co, bendungan Engehalde atau Engehalde Dam merupakan satu dari empat bendungan terbesar di Sungai Aare. Terletak di Stauwehrsteg, Wehrweg, 3014 Bern, Swiss. Jarak antara lokasi hanyutnya Eril dengan bendungan ini sekitar 3 kilometer.

Bendungan ini dapat diakses dengan perahu karet atau melalui jalur darat yang lebih aman. Terdapat jalan setapak di pinggiran sungai Aare di Bendungan Engehalde untuk para wisatawan.

Baca Juga :

Bendungan Engehalde adalah bendungan tua. Usianya bahkan lebih dari seabad. Bendungan ini telah ada sejak masa Perang Dunia Pertama. Mengutip dari laman rowing.ch, situs resmi klub dayung Bern, Engehalde Dam dibangun di awal tahun 1900-an dan diresmikan pada 1 November 1909.

Engehalde Dam membendung Sungai Aare dengan bentang tiga kilometer. Sama seperti pintu air pada umumnya, bendungan ini turut dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

photoBendungan Engehalde Sungai Aare Swiss lokasi penemuan jenazah Eril. - (20Minuten)</span

Pembangkit listrik ini mulai dioperasikan pada 1998. Sebelum itu, bendungan Engehalde pernah dimanfaatkan sebagai lokasi berdayung di Bern. Namun karena Pedang Dunia Pertama, aktivitas tersebut berhenti.

Selain dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, Bendungan Engehalde juga berfungsi sebagai penyaring sampah. Sampah yang hanyut di Sungai Aare akan disaring oleh bendungan ini.

Sampah-sampah, baik plastik hingga sampah organik, seperti kayu besar, akan disaring di dengan melewati saringan di sisi bendungan. Sampah kemudian diambil menggunakan mesin dan dikeluarkan dari bendungan agar tak mengotori sungai.

Selain Bendungan Engehalde, ada bendungan lain di Kota Bern, Swiss ternyata, yaitu Bendungan Mattenschwelle. Bendungan ini merupakan bendungan atau dam pembangkit listrik. Di sinilah jenazah Eril, anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aree sejak 25 Juni 2022, ditemukan.

SUMBER: TEMPO.CO/HENDRIK KHOIRUL MUHID

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI