Sukabumi Update

Bingung Liburan Mau Kemana? Yuk ke Curug Pelangi Cidahu Sukabumi!

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi memiliki banyak pilihan tempat wisata alam diantaranya Curug Pelangi di Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu. 

Curug yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) ini disebut juga curug dua undak. Sebab memiliki dua undakan atau dua tingkat.

Baca Juga :

Undakan pertama dari air terjun yang setinggi 20 meter itu menjadi tempat asyik untuk langsung merasakan jatuhnya air dari atas. Sementara pada undakan kedua, ada kubangan air yang biasa digunakan sebagai tempat berendam. 

Adapun penamaan curug pelangi bukan tanpa alasan. Pasalnya sering terlihat pelangi yang disebabkan oleh pembiasan air dan cahaya matahari. 

"Mungkin akibat sering terlihat pelangi di atas curug itu jadi para pengunjung yang datang menyebutnya curug pelangi," kata Jefri (40 tahun), seorang pedagang di tempat wisata Curug Pelangi.

Bagi yang ingin berkunjung ke Curug ini rutenya yaitu apabila dari daerah Bogor atau Kota Sukabumi masuk ke jalan Cidahu lalu di persimpangan Talang, Cidahu masuk menuju arah Polsek Cidahu dan lanjutkan perjalanan menuju arah Kantor Desa Girijaya. Sebelum gerbang Kasepuhan Girijaya, belok ke kanan. 

Selanjutnya tidak jauh dari tempat parkir akan ada loket tiket, untuk menikmati indahnya pemandangan dan air terjun itu para pengunjung hanya perlu membayar tiket jasa wisata sebesar Rp 5.000,  juga karcis masuk nusantara TNGHS sebesar Rp. 7000 di hari biasa, dan Rp 9500 pada hari libur. Tiket tersebut sudah termasuk PNBP sehingga mengakomodir asuransi. 

Dari loket tiket, pengunjung hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 1 km. Udara yang sejuk dan pepohonan rindang akan menemani perjalanan menuju curug. 

Hal menarik lainnya yaitu sebelum sampai ke curug pelangi, akan terlihat pemandangan curug Pilung. 

Untuk para pengunjung dari luar kota tidak perlu mengkhawatirkan tempat menginap. Di dekat loket tiket tersedia camping ground dengan fasilitas lengkap yang menyuguhkan pemandangan wilayah Sukabumi utara dari ketinggian.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI