Sukabumi Update

Segera Dibuka, Wajah Baru Objek Wisata Curug Sodong Sukabumi Telan Rp 7 M

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Sodong, salah satu objek wisata yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat ini akan diresmikan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Usai diresmikan, destinasi Wisata yang terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas itu akan dibuka untuk umum.

Baca Juga :

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan peresmian wajah baru Curug Sodong sebenarnya sudah dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil awal tahun ini.

“Namun karena pada Januari sampai Juni itu masuk ke masa pemeliharaan, nah sekarang sudah serah terima dengan kami. Rencana beroperasinya kembali Curug Sodong ini usai diresmikan oleh Pak Bupati Marwan Hamami pada 4 September nanti," kata Sigit kepada awak media belum lama ini.

Menurut Sigit, tanggal itu dipilih karena berbarengan dengan rangkaian hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-152.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa penataan Curug Sodong ini menelan anggaran sebesar kurang lebih Rp 7 Miliar yang bersumber dari anggaran pemulihan ekonomi nasional tahun 2021.

Dengan nominal anggaran sebesar itu, Curug Sodong kini didirikan berbagai sarana fasilitas umum yang diperlukan masyarakat seperti Musala, MCK, dan Lokasi parkir khusus.

Tidak hanya itu, lanjut dia, jalan di sekitar lokasi juga kini sudah diaspal dan berdiri dua ornamen berupa nama Curug Sodong serta tugu bambu sebagai tempat swafoto bagi masyarakat. Selain itu, didirikan juga pusat jajanan serba ada, Amphiteater, 7 unit Gazebo hingga menara.

"Kemudian ada warung-warung yang dikelola oleh kelompok sadar wisata ada homestay ketika wisatawan datang ke sana untuk berkunjung,” sambungnya.

Sigit memastikan, pembangunan seluruh fasilitas umum yang kini ada di Curug Sodong sudah tuntas sepenuhnya. 

“Semoga dengan adanya sarana prasarana penunjang ini bisa lebih meningkatkan pengunjung untuk berwisata ke Curug Sodong,” tandasnya.

Untuk rangkaian peresmian, kata Sigit, akan diawali dengan kegiatan Touring yang melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Sukabumi. Touring dengan tema "Touring Merdeka Ngabumi" itu dimulai pada 3 September 2022 mendatang.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI