Sukabumi Update

Emil dan Marwan Adu Layangan di Pantai Palangpang Geopark Ciletuh Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil mengadu kemampuan bermain layang-layang dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Keduanya memainkan lembaran berkerangka tipis itu di langit Pantai Palangpang Geopark Ciletuh Sukabumi pada Jumat sore (26/8/2022).

Emil yang berhasil mengalahkan Marwan dalam adu layang-layang tersebut datang ke Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark untuk membuka pesta permainan rakyat dan olahraga tradisional di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Permainan tradisional dalam acara ini ada egrang, trumpah, layang layang, permainan bola api tangan, dan panjat pinang. Emil tiba di lokasi sekira pukul 16.00 WIB, disambut Marwan. Rombongan langsung disajikan pentas permaian bola api tangan, lalu panjat pinang dan memberikan doorprize bagi pengunjung.

"Hari ini ada dua acara, pesta permainan rakyat dan olahraga tradisional. Besok lomba sepeda nasional dari Sukabumi-Pangandaran, menyusur pantai selatan, dalam kegiatan HUT RI dan HUT Jawa Barat," kata Emil dalam sambutannya.

Baca Juga :

Emil mengatakan Jawa Barat akan menjadi tuan rumah olahraga tradisional tingkat nasional dan berharap menjadi juara. "Ini promosi memperkenalkan wisata Sukabumi, supaya lebih terkenal dan banyak pengunjung. Jaga ketertibaan dan kebersihan. Masyarakat juga harus aktif mempromosikan wisata lewat medsos," ujarnya.

Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark sendiri memiliki luas sekira 126 ribu hektare atau 30,3 persen dari luas wilayah Kabupaten Sukabumi. Taman bumi ini tersebar di 74 desa di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi, yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI