Sukabumi Update

Mochi Sukabumi Diusulkan Jadi WBTB Nasional pada Sidang Penetapan WBTB 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Mochi Sukabumi jadi salah satu usulan warisan budaya dalam sidang penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTB) 2022.

Yayasan Dapuran Kipahare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi menjadi pihak yang mengusulkan Mochi menjadi WBTB nasional.

Dalam hal ini Yayasan Dapuran Kipahare membantu memberikan narasi sejarah Mochi, Filosofi, fungsi sosial dan lain-lain. Hal tersebut diungkapkan Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, Irman Firmansyah.

Baca Juga :

“Kita bantu narasi sejarah, upaya pelestarian, filosofi, fungsi sosial, fungsi moral dll dalam pengisian form pengajuan yang diinput oleh disdikbud,” kata Irman kepada Sukabumiupdate.com (29/9/2022).

Irman juga menambahkan jika hasil sidang tersebut akan diumumkan hari ini Kamis (29/9/2022) sore. Jika Mochi berhasil ditetapkan menjadi WBTB Nasional Indonesia, selanjutnya akan diajukan untuk jadi WBTB Internasional (UNESCO).

“Hasilnya sore ini, mudah-mudahan lolos sebagai WBTB nasional, kalo nasional berhasil bisa diajukan lagi untuk WBTB UNESCO/internasional,” tambahnya.

photoSidang penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTB) 2022 - (dok. Kemdikbud)</span

Sementara itu, mengutip dari laman Kemdikbud, sidang penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Tahun 2022 sendiri dilaksanakan hybrid sedari tanggal 27 September sampai 1 Oktober 2022 di Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 34 dinas provinsi beserta kabupaten/kota yang membidangi kebudayaan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI