Sukabumi Update

Menikmati Panorama Geopark Ciletuh Sukabumi dari Ketinggian di Gunung Cupu

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan di Kabupaten Sukabumi. Ada banyak spot untuk menikmati keindahan panorama alam kawasan geopark, salah satunya dari Gunung Cupu.

Tak sulit menemukan tempat ini karena aksesnya sama dengan akses menuju Curug Puncak Manik di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas. 

Rutenya adalah dari jalan provinsi ruas Mareleng - Palangpang, masuk ke jalan kecil beraspal ke arah Curug Puncak Manik. 

Untuk kendaraan roda empat, perjalanan hanya sampai ke tempat parkir saja sebab untuk menuju Gunung Cupu dan Puncak Manik hanya bisa diakses menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki. Spot Gunung Cupu hanya setengah dari perjalanan menuju Curug Puncak Manik.

Pengelola wisata alam Gunung Cupu, Usep Permana menyatakan dari Gunung Cupu ini, akan terlihat perbukitan, lahan persawahan hingga laut sebab lokasinya berada di ketinggian 100 mdpl. 

"Selain bisa menikmati pemandangan, disekitar Gunung Cupu terdapat lahan pertanian yang ditanami pohon  sirsak, sawo, alpukat, jambu kristal, durian, manggis, nangka, jeruk, durian serta berladang dengan tanaman padi hitam," ujarnya.

Sebelum Covid-19, banyak pengunjung yang campingdi Gunung Cupu dan mereka pun bisa melanjutkan kunjungan ke Curug Puncak Manik.

Usep mengatakan dari lokasi parkir ke Curug Puncak Manik sekitar 700 meter. Saat ini, objek wisata Curug Manik dan Spot Gunung Cupu masih dalam penataan terutama soal aksesnya. Penataan ini diharapkan akan berdampak kepada peningkatan kunjungan.

"Alhamdulilah, Pemdes Tamanjaya sangat mendukung dengan pembangunan akses jalan,” kata Usep.

#SHOWRELATEBERITA

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI