Sukabumi Update

Jelajahi Pantai Cikadal Spot Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi

Hutan mangrove di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), jangan lupa mampir ke hutan mangrove di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Spot ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Cikadal tepatnya berada di Rawa atau Alor Ciateul.

Untuk mencapai lokasi hutan mangrove tersebut, pengunjung bisa masuk dari arah Tamanjaya atau kantor Kecamatan Ciemas, sekitar 26 kilometer menuju arah Pantai Palangpang di Desa Ciwaru. Lalu berjalan melewati kantor Desa Mekarsakti dengan kondisi jalan cukup baik, berselang jalan bebatuan, menuju ke Desa Mandrajaya. 

Dari kantor Desa Mandrajaya sekitar dua kilometer baru bisa sampai ke lokasi hutan mangrove. Perjalanan memakai kendaraan roda empat bisa memakan waktu sekitar satu jam, sedangkan memakai kendaraan roda dua sekitar 30 menit. Ada juga jalan alternatif untuk kendaraan roda dua dari Balai RK yakni melalui Jembatan Kisohir.

"Saat ini luas hutan mangrove sudah mencapai enam hektare," kata pengelola hutan mangrove Cikadal Opick Ariosantos kepada sukabumiupdate.com, Kamis (15/12/2022). 

Baca Juga: Antisipasi Banjir di Pesisir, Pantai Ciroyom Sukabumi Ditanami Mangrove

Opick menuturkan pengunjung selain bisa menikmati pemandangan Pantai Cikadal dengan spot Pulau Mandra, hutan lindung Gunung Badak, juga bisa menjelajahi hutan mangrove sampai ke dalamnya. "Fasilitas penunjang perlu sentuhan, jogging track di hutan mangrove sudah mulai rusak. Kalau warung ada, pengunjung bisa pesan makanan atau bakar ikan," ujarnya.

"Untuk masuk ke hutan mangrove tidak dipungut bayaran, namun jika pengunjung mau ke Pulau Mandra atau spot lainnya, perahu sudah disiapkan," kata Opick.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT