Sukabumi Update

Dispar Soal Wisata Curug Luhur Cigangsa di Surade Sukabumi yang Tidak Terawat

Sarana pendukung objek wisata Curug Luhur Cigangsa di Surade Sukabumi rusak tak dirawat

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah viral banget, kini wisata alam Curug Luhur Cigangsa di Kampung Batusuhunan, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi sudah jarang didatangi pengunjung. Sarana wisatanya tak terurus, sejumlah fasilitas pendukung yang sempat dibangunpun mulai rusak.

Pantauan Sukabumiupdate.com, selain MCK yang tidak berfungsi, papan nama Curug Cigangsa juga sudah tidak terlihat. Tak hanya itu, pos istirahat tak terawat dan menjadi sasaran vandalisme.

Begitupun dengan saung utama, damparnya sudah lapuk, bahkan sebagian bolong. Objek wisata yang menjadi kebanggaan warga Surade, dan berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu inipun pudar.

Baca Juga: Tak Terurus, Kondisi Wisata Curug Luhur Cigangsa Surade Bikin Sedih

"Sudah lama MCK tidak berfungsi. Kalau tidak salah ada 5 kamar. Satu pintunya sudah terbuka, dan yang satu lagi disegel sama bambu," kata AS (40 tahun) warga sekitar kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (17/12/2022).

"Papan nama Curug Cigangsa juga sekarang sudah tidak ada, juga toren air diatas tidak terlihat, mungkin diamankan sama pengelola," terangnya.

Saat dikonfirmasi sukabumiupdate.com, Kepala Dispar Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan akan menelusuri terlebih dahulu.

Baca Juga: Tangga di Curug Luhur Surade Sukabumi Pecah-pecah, Warga: Bahayakan Wisatawan

"Kalau memang itu dibangun menggunakan APBD Kabupaten Sukabumi, melalui Dispar, tentunya sudah ada kesepakatan dengan pengelolanya," pungkasnya singkat.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT