Sukabumi Update

Pos Pengaman Penuh Coretan, DPRD Soroti Wisata Curug Luhur Cigangsa Sukabumi

Kondisi pos pengaman wisata alam Curug Luhur Cigangsa di Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, yang penuh coretan dan tak terurus, Selasa (20/12/2022). | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar menyoroti kondisi wisata alam Curug Luhur Cigangsa di Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, yang perlu evaluasi terkait pengelolaannya.

"Intinya harus ada evaluasi, terkait pengelolaan objek wisata. Terutama di lokasi ada aset pemda," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (20/12/2022).

Menurut Hera sebuah objek wisata harus bisa mendatangkan pengunjung, bisa menarik wisatawan, bukan malah membuat pengunjung takut. "Kondisi Curug Luhur Cigangsa tidak terawat, pos pengaman penuh coretan, MCK tidak berfungsi," ujar dia.

Baca Juga: Dispar Soal Wisata Curug Luhur Cigangsa di Surade Sukabumi yang Tidak Terawat

Apabila memang perlu dana untuk perawatan, kata Hera, bisa diajukan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Namun Hera menegaskan pengelola dan Dinas Pariwisata harus serius dalam pengelolaan Curug Luhur Cigangsa.

"Ini akan menjadi catatan kami untuk dipertanyakan kepada Dinas Pariwisata," katanya.

Saat ini pengunjung bisa masuk ke area Curug Luhur Cigangsa tanpa tarif lantaran memang tak ada petugas yang berjaga. Kondisi ini sudah berlangsung cukup lama.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi mengatakan akan menelusuri terlebih dahulu soal kondisi Curug Luhur Cigangsa.

"Kalau memang itu dibangun menggunakan APBD Kabupaten Sukabumi, melalui Dispar, tentunya sudah ada kesepakatan dengan pengelolanya," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT