Sukabumi Update

Jelang Tahun Baru 2023, Enam Pantai di Selatan Sukabumi Diserbu Wisatawan

Suasana di Pantai RTH Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 25 Desember 2022. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pada libur Natal 2022, kunjungan wisatawan ke sejumlah wisata pantai di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) Kabupaten Sukabumi meningkat hingga 30 persen dari hari libur biasa.

"Kunjungan wisatawan libur Natal 2022 meningkat sekitar 25 sampai 30 persen untuk wilayah timur dan barat, didominasi wisatawan lokal," ujar Koordinator Wilayah Barat Balawista Kabupaten Sukabumi Dani Supirman, Minggu, 25 Desember 2022.

Berdasarkan laporan dari petugas Balawista Kabupaten Sukabumi yang berjaga di 27 pos pengamanan pantai, kata Dani, peningkatan tersebut sudah terjadi sejak H-1 Natal pada Sabtu, 24 Desember 2022.

Baca Juga: Mancing Mania di Pantai Cibuaya Sukabumi, Spot Berburu Ikan saat Libur Nataru

Dani mengatakan objek wisata pantai yang mengalami kenaikan jumlah pengunjung signifikan atau tembus hingga 200 orang lebih dalam satu hari adalah Pantai Palangpang, Ujunggenteng, Cibuaya, RTH Citepus, Istiqomah, dan Karanghawu.

Dani menyebut peningkatan wisatawan diprediksi masih akan terjadi hingga menjelang malam tahun baru 2023. "Belajar dari pengalaman, biasanya kalau tahun baru puncak peningkatan jumlah pengunjung di H-1 sebelum tahun baru," kata dia.

Adapun upaya meminimalisir kecelakaan laut, kata Dani, Balawista bersama Satpol Airud Polres Sukabumi dan Dinas Pariwisata, sudah menyebar ratusan spanduk imbauan agar wisatawan tak berenang di laut, juga bendera penanda kerawanan ombak di pesisir pantai.

Baca Juga: Selain Pantai, Ini 3 Rekomendasi Tempat Berburu Sunset di Sukabumi!

Menurut Dani, imbauan kepada wisatawan berkaitan juga dengan kondisi cuaca saat ini yang memang sedang kurang bersahabat.

"Air pasang cukup besar, peringatan dari BMKG gelombang tinggi. Kami sudah imbau untuk tidak berenang atau beraktivitas di air, termasuk dari Polair Polres Sukabumi dan Dinas Pariwisata sudah memberikan spanduk larangan berenang di setiap titik, setiap pos sudah terpasang, termasuk di kantor Balawista," ujarnya.

"Bendera alhamdulillah baru sampai dari Dinas (Pariwisata), didistribusikannya mulai 26 Desember 2022. Kami distribusikan di lapangan di setiap pos," imbuh Dani.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT