Sukabumi Update

3 Ribu Wisatawan Tunggu Momen Pergantian Tahun di Pantai Karanghawu Sukabumi

Ribuan wisatawan khususnya pengendara roda dua penuhi pantai karanghawu saat pergantian tahun menuju 2023 (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata pantai selatan Sukabumi khususnya di Teluk Palabuhanratu masih menjadi favorit wisatawan untuk merayakan malam pergantian tahun. Pantai Karanghawu dengan wajah baru menjadi spot paling banyak dikunjungi wisatawan di malam menuju tahun 2023.

Dari pantauan di lokasi, kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi sekitar dua jam menjelang perayaan tahun baru 2023, atau sekitar pukul 22.00 WIB. Padahal sejam sebelumnya, arus lalu lintas terpantau masih landai.

Mayoritas pengunjung yang datang menggunakan sepeda motor dengan cara konvoi untuk mengunjungi spot-spot yang ideal untuk menghabiskan waktu menjelang detik-detik pergantian tahun. Mulai dari Alun-Alun Palabuhanratu hingga beberapa titik objek wisata pantai seperti Pantai RTH Citepus sampai Pantai Karanghawu, Cisolok.

Baca Juga: Naik Rakit, Tiga Wisatawan Tenggelam di Situgunung Sukabumi Satu Masih Hilang

Dilihat dari plat nomor polisi, kebanyakan pengunjung datang dari berbagai daerah dari dalam Sukabumi, sebagian ada juga yang datang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Mayoritas pengunjung yang datang ke objek wisata pantai menggunakan sepeda motor. Namun melonjaknya tingkat kunjungan ini tidak sampai menyebabkan kemacetan panjang, hanya saja di beberapa titik arus lalu lintas tersendat," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Dharmawansyah, Sabtu 31 Desember 2022.

Dedy menuturkan, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas khususnya pasca perayaan pergantian tahun, ratusan personel gabungan telah disiagakan. Selain itu, disiapkan opsi rekayasa arus lalu lintas agar kendaraan wisatawan yang menuju dan keluar objek wisata tidak saling berpapasan.

Baca Juga: Seru! Ratusan Rider Kembali Uji Nyali Balap Pasir Pantai di Ujunggenteng Sukabumi

Sementara itu Ketua Balawista Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto mengatakan, spot wisata pantai yang paling banyak pengunjung pada malam jelang tahun baru 2023 yakni di Pantai Karanghawu.

“Malam tadi yang paling banyak pengunjung hanya Karanghawu, sekitar 3.500-an orang. Itu asumsi dengan hitungan kendaraan roda empat dan roda dua terdata di parkiran atas dan bawah. Adapun Lokasi lain malam tadi tidak lebih dari 250 orang,” ujar Yanyan.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT