Sukabumi Update

Rasanya Gurih, Warga Pajampangan Sukabumi Buru Larva Tawon Vespa

Warga di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, kerap memburu sarang tawon vespa untuk mendapatkan larva hewan tersebut. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki rasa yang gurih dan dianggap punya banyak khasiat, warga di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, kerap memburu sarang tawon vespa untuk mendapatkan larva hewan tersebut. Konon, mengonsumsi larva tawon vespa juga dapat menambah stamina.

Hugo, warga Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, pada Senin, 16 Januari 2023, baru saja memburu sarang tawon vespa di perkebunan pinggir Sungai Cikanteh di Kampung Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Sarang yang diburu Hugo berada di atas pohon jeungjing.

Baca Juga: Resep Tumis Larva Tawon Vespa Affinis Khas Pajampangan Sukabumi

"Dari dua sarang, mendapatkan tiga liter larva. Memburunya menggunakan kain yang dibakar lalu diikatkan pada ujung batang bambu agar tawonnya keluar. Kemudian pakai kantong plastik untuk wadah sarangnya. Biasanya berburu pada sore hari menjelang malam," kata dia pada Selasa (17/1/2023).

Menurut Hugo larva tersebut bisa dimasak dengan cara tumis, pepes, atau bisa dimakan mentah untuk pengobatan. "Bisa dimasak atau dimakan mentah dipercaya untuk mengobati sakit perut dan sakit badan. Biasanya dimakan mentah tiga biji. Bahkan ada yang percaya untuk menambah stamina," ujarnya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT