Sukabumi Update

Pesona Karang Kodok, Bebatuan Unik Selain Karang Kontol di Geopark Ciletuh Sukabumi

Karang Kodok, bebatuan unik di perairan Geopark Ciletuh Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya Karang Kontol, terdapat sejumlah bebatuan unik di sepanjang perairan laut Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi. Salah satunya yaitu bernama Karang Kodok.

Guide tour Geopark Ciletuh, Ngko (35 tahun) mengatakan bebatuan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena memiliki nama sesuai dengan bentuknya.

"Ada beberapa bebatuan yang memang mempunyai nama, sesuai dengan kemiripan bentuknya. Selain Karang Kontol, ada Karang Kodok, serta Batu Batik atau Punggung Naga,” ujar pria bernama asli Rijal itu kepada sukabumiupdate.com, Jumat (27/1/2023).

Untuk penamaan spot Karang Kodok, kata Ngko, dikarenakan tiap bongkahan batu besar berwarna kekuningan di spot tersebut mirip dengan seekor kodok.

“Makanya warga atau nelayan menyebutnya Karang Kodok. Lokasinya lewat Pulau Kunti dan Rametuk. Sekitar pantai Cibiuk,” imbuhnya.

Baca Juga: 3 Pemain Persib Bandung Dalam Daftar 30 Pemain yang Dipanggil TC Timnas Indonesia U-20

Dua Pulau yang disebut Ngko itu pun memiliki nama unik. Pantai Kunti, kata Ngko, konon dinamai karena kemistisannya.

“Penamaan pulau Kunti, berkaitan dengan cerita orangtua zaman dulu yang sering melihat penampakan mahluk gaib perempuan (Kunti), di pulau tersebut. Adapula yang menyebut penamaan didasari dari kondisi pulau yang memiliki goa,” kata dia.

Adapun untuk penamaan Pulau Rametuk, lanjut Ngko, karena terdapat banyak serangga sejenis lalat buah atau laron di pulau tersebut. Rametuk sendiri adalah bahasa sunda dari laron.

“Perairan di sekitar wilayah itu (Pulau Rametuk), cocok untuk spot snorkeling. Lokasinya dekat dengan Karang Kodok,” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT