Sukabumi Update

Pesona Puncak Aher Geopark Ciletuh Sukabumi Buat Wisatawan Luar Daerah Terpukau

Puncak Aher yang berada di kawasan Geopark Ciletuh atau tepatnya di Kampung Pamoyanan Kedusunan Mekarsari I Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, mulai ramai dikunjungi Wisatawan. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Terkenal dengan keindahan panoramanya, Puncak Aher yang berada di kawasan Geopark Ciletuh atau tepatnya di Kampung Pamoyanan Kedusunan Mekarsari I Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, mulai ramai dikunjungi Wisatawan asal luar daerah.

Mereka mengaku kagum dengan pesona keindahan pemandangan lautan dan hamparan pesawahan warga yang disuguhkan di lokasi tersebut.

"Pemandangannya sangat luar biasa. Saya lihat Amazing banget," kata Dahya, wisatawan asal daerah Jakarta, Sabtu 28 Januari 2023.

Dahya mengakui baru pertama kalinya berkunjung ke kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Ia mengajak rekan-rekannya untuk menikmati panorama di Puncak yang berada di ketinggian sekitar 350 Mdpl tersebut.

Baca Juga: Dipakai Ugal-ugalan hingga Berknalpot Bising, Puluhan Motor Diamankan Polisi di Sukabumi

"Saya baru pertama kali, pemandangan cukup berkesan, dan baru kali ini melihat pemandangan seperti ini. Memang sebelumnya pernah melihat pemandangan pesawahan, namun tidak sebagus ini," katanya.

Senada, pengunjung asal Bekasi, Adam, mengaku sangat terpukau dengan pemandangan Puncak Aher. Menurutnya, di lokasi tersebut sangat cocok untuk healing atau melepas lelah bersama teman dan keluarga.

"Sangat menajubkan. Keindahan alam yang sangat luar biasa, kami bisa melihat landscape yang sangat indah, ada bebatuan, sawah, serta samudra yang luas. Masya Allah," ujarnya.

Baca Juga: Doa Bulan Rajab dan Malam Isra Miraj, Bacaan Latin Lengkap dengan Artinya

Sebelumnya diberitakan, objek wisata Puncak Aher tak hanya menyajikan keindahan pemandangan kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi dari ketinggian. Lebih dari itu, pengunjung bisa berburu momen sunset atau pemandangan matahari terbenam serta keindahan gemerlap lampu perahu pagang di perairan laut yang membawa sensasi tersendiri.

Sebelum berganti nama pada 2015, warga setempat menyebut lokasi itu Puncak Pamoyanan atau ada juga yang menyebut Puncak Awan. Puncak Aher sendiri diambil dari nama Gubernur Jawa Barat periode 2008-2018 Ahmad Heryawan.

Akses menuju lokasi ini terbilang mulus, baik lewat ruas Ciateul-Muaratilu maupun Palangpang-Puncak Darma via Batu Cakup. Tidak dikenakan tiket masuk menuju kawasan ini. Jadi, pengunjung bisa bebas melihat sunset maupun sunrise.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT