Sukabumi Update

Orang Sunda Suka Waluh Atau Gamas? Ini Sederet Manfaat Mengkonsumsi Labu Siam

Ilustrasi. Orang Sunda Suka Waluh Atau Gamas, Sederet Manfaat Mengkonsumsi Labu Siam (Sumber : Instagram/@evyidea_)

SUKABUMIUPDATE.com - Labu siam (Sechium edule (Jacq.) Sw.) adalah tanaman subtropis yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan mengandung vitamin A, B, dan C.

Waluh atau Gamas, begitu sebutan yang terkadang dilontarkan orang Sunda Sukabumi ketika menggambarkan labu siam ini.

Masyarakat Sunda Sukabumi umumnya mengkonsumsi labu siam yang telah diolah menjadi sayur sebagai pendamping makanan pokok. Adapun bagian yang dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi dari tanaman labu siam biasanya adalah buahnya, meskipun ada juga bagian lain seperti akar berbentuk umbi dan daun mudanya.

Baca Juga: Dikdik dan Bos Jamal Preman Pensiun Kembali Berakting! Syuting Film Apa di Sukabumi?

Waluh atau Gamas jenis sayuran adalah labu siam yang banyak mengandung air dan merupakan jenis labu dari kelompok Cucurbitaceae. Labu siam mengandung banyak nutrisi dan senyawa antioksidan. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam 100 gram labu siam terkandung beberapa nutrisi, seperti:

  • Kalori: 19
  • Lemak total 0,1 gram
  • Kolesterol 0
  • Sodium 2 miligram
  • Potasium 125 miligram
  • Karbohidrat total 4,5 gram
  • Protein 0,8 gram

Manfaat Waluh atau Gamas atau Labu Siam

Mengutip Healthline via Tempo.co, berikut sederet manfaat waluh atau labu siam yang gemar dikonsumsi orang Sunda:

Baca Juga: Harga Naik Belum Turun-turun, Kata Pedagang di Sukabumi Soal Pasokan Beras

1. Mengendalikan gula darah

Labu siam jenis sayuran yang mengandung serat larut yang tinggi yang berguna untuk mengatur kadar gula darah. Serat larut itu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Labu siam juga meningkatkan kontrol gula darah mempengaruhi kerja insulin. Senyawa tanaman unik labu siam meningkatkan senstivitas terhadap insulin dengan mengurangi aktivitas enzim berkaitan kontrol gula darah yang buruk.

2. Tekanan darah

Labu siam mengurangi beberapa faktor risiko tekanan darah tinggi, kolesterol, dan aliran darah yang buruk. Senyawa labu siam membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah. dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Apa Saja Syarat Air Minum Aman Dikonsumsi? Simak Penjelasannya

3. Antioksidan

Labu siam termasuk sayuran yang mengandung antioksidan. Labu siam mengandung antioksidan kuersetin, mirisetin, morin, dan kaempferol. Mirisetin bersifat antidiabetes, dan antiinflamasi. Labu siam juga sumber vitamin C.

4. Kesehatan ibu hamil

Labu siam mengandung folat atau vitamin B9. Selama awal masa kehamilan, folat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Asupan folat yang cukup juga bermanfaat untuk mencegah kelahiran prematur.

Sumber: Tempo.co

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT