Sukabumi Update

Mulai 10 Februari 2023, Pendakian Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka

BBTNGGP kembali membuka kegiatan pendakian untuk umum mulai Jumat, 10 Februari 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) kembali membuka kegiatan pendakian untuk umum mulai Jumat, 10 Februari 2023. Kabar ini disampaikan BBTNGGP di akun Instagram resmi mereka pada Kamis (9/2/2023).

Kebijakan pembukaan kegiatan pendakian untuk umum tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 02/BBTNGGP/Tek.2/02/2023 tentang Pembukaan Kegiatan Pendakian Taman Nasional Gede Pangrango. Ada beberapa pertimbangan yang disampaikan terkait pembukaan ini.

Pertimbangan itu antara lain merujuk pada hasil pemantauan lapangan petugas BBTNGGP pascagempa bumi Cianjur dan laporan final Geohazard Gunung Gede Pangrango oleh Tim Ahli Geologi, di mana dimungkinkan untuk aktivitas pendakian dengan penuh kehati-hatian.

Baca Juga: Mendaki Ilegal, 9 Orang Asal Jakarta Di-Blacklist 2 Tahun di Gunung Gede Pangrango

Adapun catatan BBTNGGP dalam surat edaran tersebut di antaranya seluruh calon pendaki wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta memperhatikan dan mematuhi tanda atau marka pemberitahuan di jalur pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Beberapa waktu lalu, BBTNGGP menjatuhkan sanksi larangan mendaki selama dua tahun bagi sembilan orang asal Jakarta. Taman Nasional memasukkan mereka dalam blacklist karena pendakian ilegal saat penutupan pascagempa kuat dan merusak di Cianjur, 21 November 2022.

Penutupan sementara aktivitas pendakian saat itu dimulai 22 November 2022.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT