Sukabumi Update

5 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Osteoporosis

Ilustrasi. Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Osteoporosis (Sumber : pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Nanas termasuk salah satu buah tropis yang banyak disukai karena rasanya lezat dan dapat disajikan ke dalam berbagai bentuk makanan dan minuman. Tentunya, buah nanas punya ragam Manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Nanas tak hanya untuk isian kue nastar saja ya, Updaters! Buah ini juga kaya akan serat dan air serta kandungan nutrisi lain yang menyehatkan tubuh.

Ananas comosus -nama latin nanas-, merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Manfaat Buah Nanas sangat beragam berkat kandungan vitamin C, vitamin B6, mangan, thiamin, tembaga, potasium, folat, niasin, zat besi, magnesium, dan riboflavin. 

Baca Juga: Sidang Paman Cabuli Bocah di Sukabumi Diundur, Saksi Ahli Balas Surat Resmi dengan Chat

Meskipun nanas memiliki rasa manis, tetapi buah yang satu ini mempunyai kandungan kalori yang relatif rendah. Merangkum dari Alodokter, Klikdokter, dan Sehatq via Yoursay.id (Portal Suara.com), berikut sederet manfaat nanas bagi kesehatan, bisa mencegah osteoporosis, lho!

1. Menyamarkan Flek Hitam

Nanas diperkaya akan kandungan vitamin C dan juga antioksidan yang menjadikannya dapat mengurangi flek hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Kandungan tersebut juga akan membuat warna kulit menjadi lebih cerah. Manfaat tersebut bisa kamu rasakan dengan cara mengoleskan krim yang memiliki kandungan nanas ke kulit wajah secara merata.

Baca Juga: Geger, Malam ini 3 Pejabat Teras Sukabumi Ditangkap Kejaksaan

2. Menaikkan Sistem Imun

Buah nanas juga kaya akan antioksidan, yaitu molekul yang bisa mendorong tubuh dalam mengatasi stres oksidatif yang akan membantu menaikkan sistem imun. Sedangkan antioksidan yang terkandung dalam buah nanas yakni berupa fenolik dan flavonoid. 

3. Mengurangi Masalah Selama Periode Menstruasi

Bagi wanita nanas mempunyai manfaat untuk mengurangi masalah selama periode menstruasi. Nanas mempunyai kandungan enzim bromelain yang akan membantu meluruhkan lapisan rahim. Hal ini akan membantu melancarkan dan meningkatkan aliran menstruasi bagi wanita yang kerap mengalami masalah menstruasi tidak teratur. 

Baca Juga: Hari Pers Nasional, Media Massa Diminta Tak Tergelincir Polarisasi Tahun Politik

4. Mencegah Osteoporosis

Buah nanas juga mengandung berbagai mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Selain itu kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga akan membantu penyerapan kalsium dari makanan. Sedangkan kalsium sendiri merupakan mineral yang menjadi bahan baku untuk meningkatkan serta menjaga kepadatan tulang. Dengan demikian, dengan mengonsumsi nanas sama halnya kamu telah menambah asupan mineral dan juga vitamin yang dapat membantu mencegah pengeroposan tulang alias osteoporosis. 

5. Meredakan Nyeri Sendi

Kandungan bromelain yang ada dalam buah nanas juga mempunyai efek antiradang. Hal tersebut menjadikan buah nanas bermanfaat dalam meredakan berbagai keluhan nyeri yang diakibatkan oleh peradangan, terutama nyeri sendi.

Sumber: Yoursay.id (Portal Suara.com)

Editor : Nida Salma Mardiyyah

Tags :
BERITA TERKAIT