Sukabumi Update

Goa Putih di Cicantayan, Destinasi Wisata Alam Sakral yang Belum Tersentuh Perhatian

Gua Putih, Desa Hegarmanah, Cicantayan | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Goa Putih merupakan salah satu gua yang berlokasi di Kawasan Hutan Pendidikan Gunung Walat, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi yang dikenal pula dengan nama Goa Cipeureu atau Goa Sumur Tangga Tujuh yang menyimpan potensi keanekaragaman hayati terestrial maupun akuatik yang sangat tinggi.

Kepala Desa Hegarmanah Ujang Natadireja, mengatakan Goa Putih sangat potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alam, karena Goa Putih memiliki keindahan alam dan daya tarik yang unik.

"didalamnya seperti ada ruangan besar, bentukan dari batu stalaktit dan stalagmit yang khas sehingga menjadi keunikan bagi pengunjung yang melihatnya,” kata Ujang kepada sukabumiupdatecom, Sabtu (11/02/2023)

Ia menjelaskan, terkait keunikan fauna dengan kondisi lorong goa yang panjang dan sebagian besar bertingkat menambah keunikan tersendiri bagi pengunjung.

"Sampai saat ini potensi wisata tersebut belum terdokumentasikan dengan baik dan belum dikelola secara optimal, sehingga menjadi sebuah tantangan bagi upaya pengelolaannya, katanya

Menurutnya, selain memiliki potensi wisata alam keberadaan Goa Putih saat ini sudah menunjang kebutuhan masyarakat sekitar dengan adanya air bawah tanah yang berasal dari gua.

”Mungkin salah satunya dengan pemberitaan media tentang Goa Putih merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat setempat maupun minat pengunjung,” jelasnya.

Ujang menegaskan, bahwa dirinya sangat menyadari keberhasilan pengelolaan wisata tidak bisa sendirian, iya berharap pemerintah daerah bisa membantunya. 

“Ya, misalnya membenahi aset wisata desa. Seperti, destinasi Goa Putih Cipeureu yang masih menjadi “PR” saya sampai saat ini. Ke depan, saya akan merangkul lintas sektoral terutama Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi agar turun tanggan mendukung pengembanggan potensi wisata yang kami miliki ini,” imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT