Sukabumi Update

Berharap Cuaca Cerah, Berburu Sunrise-Sunset di Puncak Habibie Cisolok Sukabumi

Pemandangan dari Puncak Habibie di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Puncak Habibie menjadi salah satu spot di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) yang menarik dikunjungi. Tempat yang ada di perbatasan Sukabumi (Jawa Barat) dan Banten ini berlokasi di dataran tinggi Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Puncak Habibie dikenal sebagai salah satu tempat terindah menikmati panorama laut selatan. Bahkan jika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam) dari puncak ini. Namun, pada malam hari pun wisatawan tetap bisa menikmati lampu perahu nelayan yang bekerlapan di laut.

Pengunjung lokal asal Kecamatan Cisolok, Sely (19 tahun), sering menghabiskan waktu menongkrong di Puncak Habibie saat sore karena pemandangannya yang indah untuk melihat sunset. "Pemandangannya sangat indah dan sejuk. Memilih nongkrong di sini," katanya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 11 Februari 2023.

Baca Juga: Meski Hujan, Kawasan Pantai Palabuhanratu Sukabumi Tetap Ramai Wisatawan

Tak hanya itu, di atas Puncak Habibie juga dapat dilihat pemandangan bukit yang terbentuk dari bebatuan dihiasi rumput. Adapun jarak menuju Puncak Habibie dari wilayah Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, adalah sekitar 17 kilometer atau dapat ditempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit.

Pada 2019, sukabumiupdate.com pernah menulis tentang Puncak Habibie. Saat itu bertepatan dengan wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019. Bagi Sukabumi, pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, tersebut sangat istimewa.

Tempat yang sebelumnya dikenal Puncak Kembang itu kemudian diberi nama Puncak Habibie. Sejak 1990, namanya berubah menjadi Puncak Habibie karena dibangun fasilitas radar udara oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Aset ini dibangun BJ Habibie yang waktu itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi.

Lokasi ini berada di ketinggian 380 meter di atas permukaan laut (mdpl), dilintasi jalan nasional penghubung Jawa Barat dan Provinsi Banten, dan saat ini semakin terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki pemandangan luar biasa. Jika bepergian menuju Banten atau Pantai Sawarna melewati jalur Cisolok, pengunjung pasti melihat spot ini.

Reporter: Ilyas Supendi (CRP)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT