Sukabumi Update

9 Makanan Khas Sunda Paling Enak, Hati-hati Bisa Bikin Ngiler

Ilustrasi. Ada banyak makanan khas Sunda yang terkenal memiliki rasa enak dan tak jarang menjadi buruan para pecinta kuliner | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia dikenal memiliki banyak sekali makanan khas yang mampu memanjakan lidah pecinta kuliner.

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas nya masing-masing dengan segala keunikannya termasuk makanan khas Sunda.

Ya, tanah Sunda memang memiliki banyak kuliner spesial yang menjadi makanan khas Sunda. Makanan-makanan ini sangat disukai banyak orang lantaran memiliki rasa yang nikmat.

Baca Juga: 5 Kuliner Sukabumi yang Pas Disantap saat Musim Hujan, Rekomended Banget!

Penasaran apa saja makanan khas Sunda yang terkenal enak? Mengutip dari Bandungbarat.id (portal Suara.com), inilah 9 makanan khas Sunda paling enak yang wajib dicoba para pecinta kuliner.

1. Nasi Timbel

Makanan yang terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang dan dihidangkan bersamaan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, tempe goreng, lalapan, dan sambal.

2. Sate Maranggi

Sate yang terbuat dari daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil dan ditusuk pada tusukan bambu. Kemudian, disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan dihidangkan dengan lontong.

Baca Juga: 7 Makanan Ekstrem di Indonesia! Kobra Hingga Kelelawar, Berani Coba?

3. Pepes Ikan

Makanan yang terbuat dari ikan yang dibalut dengan bumbu rempah-rempah dan dibungkus daun pisang. Kemudian, dikukus hingga matang.

4. Sayur Asem

Sayur yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, jagung muda, labu siam, dan daun melinjo. Kemudian, dimasak dengan kuah asam yang segar.

5. Batagor

Makanan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung tapioka yang dicampur dan dibentuk bulat-bulat kecil. Kemudian, digoreng dan disajikan bersamaan dengan bumbu kacang dan saus kecap.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Deretan Makanan Ini Bisa Bantu Mengecilkan Perut Buncit

6. Karedok

Salad yang terbuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, mentimun, kol, dan tahu. Kemudian, disajikan bersamaan dengan bumbu kacang yang khas.

7. Cireng

Makanan yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti bawang putih, garam, dan merica. Kemudian, dibentuk kecil-kecil dan digoreng.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

8. Nasi Tutug Oncom

Nasi yang dimasak dengan oncom yang telah dicincang, kemudian disajikan dengan ikan asin, tahu goreng, dan sambal.

9. Lalapan

Sayuran mentah seperti daun kemangi, daun pepaya, dan mentimun yang disajikan bersamaan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, atau tempe goreng dan sambal.

Baca Juga: Bahan Kuliner Sultan! Ini 6 Fakta Menarik Kepiting King Alaska yang Harganya Fantastis

Itulah sembilan makanan khas Sunda yang wajib dicoba dan siap menggoyang lidah karena rasanya yang nikmat.

Sumber: Bandungbarat.id (portal Suara.com)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT