Sukabumi Update

7 Rekomendasi Makanan Khas Sunda, Lotek hingga Tahu Gejrot

Lotek dan Tahu Gejrot | Rekomendasi Makanan Khas Sunda (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Ciri Makanan Khas Sunda pada umumnya adalah menggunakan sayuran segar, cita rasa pedas, penyajian sederhana, serta bahannya mudah didapat.

Provinsi Jawa Barat termasuk Sukabumi, lekat dengan nikmatnya kuliner lokal yaitu Makanan Khas Sunda. Kuliner ini selalu sukses memanjakan lidah dengan cita rasa khas yang gurih dan bikin ketagihan.

Baca Juga: Misteri Kuntilanak, Peneliti Jerman dan Indonesia Bongkar Asal Usul Mbak Kunti

Berikut 7 rekomendasi Makanan Khas Sunda, dilansir dari berbagai sumber via suara.com:

1. Lotek

Pertama, Makanan Khas Sunda yang jadi rekomendasi untuk kamu adalah Lotek. Sekilas, lotek dan karedok sering disamakan karena keduanya disebut salad tradisional.

Ini karena perbedaan lotek dan karedok hanya terletak pada penyajian bahan yang digunakan. Lotek disajikan dengan bahan matang yang sudah dikukus, sementara bahan karedok seluruhnya mentah.

Adapun aneka sayuran dalam lotek disiram dengan bumbu kacang ulek sebelum dihidangkan.

2. Nasi Timbel

Salah satu Makanan Khas Sunda yang patut kamu coba yaitu Nasi Timbel.

Nasi Timbel dibungkus menggunakan daun pisang yang membuat aroma semakin sedap. Makanan Khas Sunda ini biasanya disajikan bersama ikan asin, ayam goreng, empal, ikan pepes, japuh, lalapan, serta sambal yang menggugah selera makan.

Baca Juga: Daftar Top 50 Deep-Fried Dessert in The World, Pisang Goreng Indonesia Juara!

3. Nasi Tutug Oncom

Dalam bahasa Sunda, ‘tutug’ artinya tumbuk/aduk. Bahan dasar Makanan Khas Sunda ini adalah nasi dan tentu saja oncom. Oncom digeprek bersama bumbu khas seperti cikur (kencur) dan cabai rawit.

Tutug oncom biasa disantap bersama lauk lain seperti tahu, tempe, ayam goreng, dan lalapan segar, serta tak boleh ketinggalan sambal terasinya. Sangat lezat disantap dalam keadaan hangat.

4. Bakakak Hayam

Bakakak hayam juga merupakan Makanan Khas Sunda yang patut untuk dicoba. Bekakak hayam ini merupakan olahan ayam bakar utuh dengan bumbu gurih pedas.

Bakakak hayam memiliki tekstur daging yang lembut dan juicy. Umumnya, bebakak hayam disajikan bersama sambal ceurik.

5. Karedok

Karedok merupakan salah satu Makanan Khas Sunda yang populer. Ini termasuk makanan sehat karena bahan utamanya sayur-sayuran, seperti kacang panjang, daun kol, tauge, kacang tanah, leunca (ranti), ketimun, dan daun kemangi. Beragam sayuran tersebut tidak disajikan mentah sehingga nutrisi yang terkandung masih utuh.

Karedok disiram dengan bumbu sambal kacang yang menggunakan kencur untuk aroma sedap. Disantap bersama lontong dan kerupuk, karedok menjadi makan siang terlezat yang Anda santap.

Baca Juga: Berujung Cerita Horor, Geger Kabar Lelaki Lompat dari Jembatan Sekarwangi Sukabumi

6. Colenak

Colenak (cocol enak) merupakan Makanan Khas Sunda yang terbuat dari tape singkong atau peuyeum sampeu dengan cara dibakar. Umumnya, colenak ini dihidangkan bersama dengan saus gula merah dan parutan kelapa.

7. Tahu Gejrot

Tahu gejrot ini salah satu kuliner khas dari tanah Sunda yang banyak disukai berbagai kalanga. Tahu gejrot ini terbuat dari campuran tahu goreng dan sambel ulek (cabe dan bawang merah) yang kemudian serta disiram kuah gula merah dan kecap.

Sumber: Suara.com/Ulil Azmi

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT