Sukabumi Update

Tempat Rukyatul Hilal, Nikmati Wisata Langit di Cibeas Sukabumi Sambil Ngabuburit

Pemandangan laut lepas dari POB Cibeas di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak diresmikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada 2017, Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, tidak hanya digunakan sebagai lokasi rukyatul hilal penentuan awal Ramadhan, namun juga cocok dijadikan tempat ngabuburit.

Pasalnya, POB Ciebas dikelilingi pemandangan menarik salah satunya laut lepas di selatan Sukabumi dan bukit-bukit di kawasan CPUGGp. Namun, ada juga pengunjung yang datang untuk menikmati wisata langit di POB Cibeas karena di tempat ini tersedia teropong bulan yang sewaktu-waktu bisa dipinjam.

CPUGGP atau Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark atau akrab juga disebut Geopark Ciletuh Sukabumi sendiri merupakan taman bumi yang tersebar di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi, salah satunya Kecamatan Simpenan. Adapun POB Cibeas ini tepatnya berada di Desa Sangrawayang.

Lulu (23 tahun), warga Desa Sangrawayang mengaku sering mengunjungi POB Cibeas. Selain dekat dari rumahnya, Lulu juga merasa tidak bosan bermain di tempat itu seperti saat Ramadhan sekarang untuk sekadar ngabuburit menikmati pemandangan laut lepas sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Baca Juga: Hilal Terlihat di POB Cibeas Sukabumi, 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada 23 Maret 2023

"Di sini bisa sekalian belajar tentang benda-benda langit melalui teropong bulan yang ada, sambil ngabuburit melihat keindahan laut lepas. Ternyata tempatnya tidak membuat bosan," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Sabtu (25/3/2023).

Sementara warga Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, Dede Jenal (32 tahun), menjadikan POB Cibeas sebagai lokasi favorit untuk liburan bersama keluarga karena udaranya yang sejuk dan nyaman. Ini tak heran karena POB Cibeas memang berdiri di atas perbukitan di jalur sabuk Geopark Ciletuh Sukabumi.

"Tidak hanya hari ini, kemarin-kemarin juga suka datang ke POB Cibeas. Tempatnya bikin betah karena suasana alamnya nyaman. Bisa foto-foto juga di atas bangunan POB Cibeas dengan latar belakang laut yang indah. Apalagi kalau cuaca terang, bisa melihat keindahan matahari terbenam atau sunset," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT