Sukabumi Update

8 Makanan untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan, Cegah Olab Selama Mudik

Ilustrasi. Berkendara | 8 Makanan untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan, Cegah Olab Selama Mudik (Sumber : Freepik/@Racool_studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Mabuk perjalanan adalah kondisi ketika seseorang mengalami gejala pusing dan mual saat berada di dalam kendaraan yang bergerak. Gerakan selama perjalanan mudik lebaran misalnya, kerap membuat seseorang muntah, dalam bahasa sunda disebut "olab".

Mudik perjalanan bisa terjadi dengan tipe kendaraan jenis apapun, mulai dari mobil, pesawat, hingga kapal. Meskipun, gejala pusing akan menghilang seiring berhentinya kendaraan.

Selain minum obat untuk mencegah Mabuk perjalanan, pemudik juga sebaiknya menghindari makan berlebihan, alkohol, dan merokok sebelum perjalanan. Sementara menurut verywellhealth.com via Tempo.co, untuk mencegah Mabuk perjalanan pemudik harus menghindari makan makanan kemasan, seperti makanan asin, pedas, atau berminyak. 

Baca Juga: 65 Babasan Sunda dan Artinya: Beurat Birit, Beuteung Karet dan Buntut Kasir

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan menyarankan makan lebih sedikit, lebih sering minum air dan meminimalkan asupan minuman berkafein dan alkohol sebelum dan selama perjalanan.

Selanjutnya di laman healthfyme.com menulis beberapa rekomendasi makanan yang dapat membantu mengatasi mual, tanda Mabuk perjalanan sekaligus memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh:

1. Jahe

Mengandung elemen bioaktif, jahe seringkali digunakan untuk mengobati berbagai penyakit usus. Jahe meningkatkan pencernaan aktif dan mempercepat pengosongan lambung.

Selain meredakan mual, akar jahe membantu pencernaan dan sekresi hormon yang mengatur tekanan darah supaya tubuh merasa rileks.

2. Minum Air

Selama mabuk perjalanan, tubuh kehilangan banyak air selama mual dan muntah. Minum air dapat mengencerkan keadaan asam lambung dan menenangkan serta meredakan mual.

Selain air putih, pemudik juga dapat minum minuman lain, seperti oralit, air kelapa, dan lainnya.

3. Protein

Makan lebih banyak protein daripada karbohidrat membantu tubuh mencegah mual. Protein menginduksi pelepasan sekresi gastrin, yang meningkatkan proses pencernaan tubuh dan meredakan mual.

Baca Juga: 22 Babasan Sunda dan Artinya, Contohnya Ceuli Léntaheun

Namun kelebihan protein dapat membuat terlalu kenyang dan memperburuk mual.

4. Makanan Dingin

Banyak makanan mengandung aroma kuat yang menginduksi otak, untuk mengirim sinyal ke tubuh dan membuat tubuh merasa mual.

Sedangkan makanan dingin tidak mengeluarkan bau yang menyengat, seperti es krim, buah-buahan dingin, yoghurt, custard, dan es loli beku mungkin dapat menjaga cairan tubuh turun dan mencegah muntah pada mabuk perjalanan.

5. Kaldu Ayam

Sup atau kaldu dapat menjadi alternatif yang baik untuk makanan berat ketika mabuk perjalanan. Saat mual, tubuh lebih mudah menyerap cairan daripada kandungan makanan padat.

6. Pisang

Konsumsi pisang dapat melepas lendir yang menciptakan penghalang antara membran dan isi lambung menjadi sebab mual dan mulas.

Baca Juga: Tragedi Berdarah Bojongkokosan Sukabumi Menyulut Bandung Lautan Api

Selain menenangkan dan mengendurkan sakit perut, pisang membantu mengembalikan kalium dalam tubuh.

7. Apel

Membantu memulihkan nafsu makan, apel menyediakan berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan lain-lain. Kandungan tanin dalam apel dapat memberikan efek penghilang haus dan menenangkan tubuh selama mual.

8. Roti

Makan makanan kering seperti roti, keripik, biskuit dan lainnya menjadi obat penting bagi orang mabuk perjalanan, karena roti tidak memiliki aroma atau komponen pemicu mual yang kuat.

SUMBER: TEMPO.CO | BALQIS PRIMASARI

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT