Sukabumi Update

11 Menu Sahur Praktis Ala Anak Kos, Cocok untuk Yang Malas Masak!

Nugget | Contoh Menu Sahur Praktis Ala Anak Kos, Cocok untuk Yang Malas Masak (Sumber : Freepik/@mdjaff)

SUKABUMIUPDATE.com - Sahur dalam bahasa lain disebut juga Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor. Sahur Ramadan adalah sebuah istilah Islam yang merujuk pada aktivitas makan oleh umat Islam pada dini hari sebelum menjalankan ibadah Puasa.

Sahur terpenuhi bila seorang menyantap makanan atau minum meski hanya seteguk air. Meski waktunya relatif singkat, sebaiknya Menu Sahur tetap tersedia agar kuat menjalani puasa seharian.

Akan tetapi, ketika malas masak sajian di Menu Sahur cenderung seadanya. Apalagi ketika waktu sudah hampir Shubuh misalnya, Menu Sahur yang tersaji hanya alakadarnya.

Baca Juga: Menguak Tragedi Takokak 1948: Pembantaian Sadis Terlupa di Perbatasan Sukabumi

Berikut rekomendasi menu sahur praktis dan gampang dibuat, cocok untuk yang sedang malas masak, dikutip via Tempo.co!

1. Nugget

Nugget merupakan menu sahur praktis ala anak kos yang berisi olahan daging ayam dan campuran tepung, bumbu, serta air. Nugget bisa dimasak dengan mudah dan praktis hanya dengan menggorengnya saja sampai kuning keemasan.

2. Mie Instan

Menu Sahur anak kos yang tidak boleh ketinggalan yakni mie instan. Selain super praktis, mie ini mempunyai beragam rasa yang bisa dipilih sesuka hati.

Mie instan memang enak, namun diharapkan untuk mengkonsumsi sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan ya!

3. Abon

Abon bisa dijadikan solusi sebagai Menu Sahur Praktis tanpa kompor yang rasanya tetap nikmat dan lezat, walau hanya ditaburkan keatas nasi hangat.

Terutama kamu si anak kos, rasanya wajib untuk selalu menyediakan abon sebagai Menu Sahur Praktis dan super instan selama bulan Ramadan. Ekonomis!

4. Kornet

Kornet merupakan daging sapi yang diawetkan dalam air garam dan kemudian dimasak dengan cara direbus. Menu Sahur anak kos ini super mudah dan bisa dikreasikan menjadi berbagai menu hidangan lezat seperti bakso goreng kornet dan lainnya.

5. Sarden

Sarden memang tidak boleh ketinggalan sebagai lauk sahur untuk anak kos yang praktis dan mengenyangkan.

Baca Juga: 22 Babasan Sunda dan Artinya, Contohnya Ceuli Léntaheun

Kandungan protein dan lemak baiknya memang sangat direkomendasikan agar tubuh tetap sehat dan bugar saat menjalani ibadah puasa seharian.

6. Susu

Selanjutnya, rekomendasi menu sahur praktis yang ke enam adalah dengan konsumsi susu dan roti. Kamu juga dapat meminumnya setelah menyantap hidangan utama sahur memang dianjurkan agar kandungan protein dalam tubuh terpenuhi.

7. Oatmeal

Oatmeal sangat cocok dijadikan sebagai Menu Sahur Praktis, berbagai oatmeal instan yang hanya diseduh dengan air hangat lalu diberikan topping sesuka hati.

Makanan ini memang efektif sebagai menu sahur karena selain simpel tetapi juga mengandung karbohidrat kompleks.

8. Telor Ceplok

Telor ceplok merupakan menu sahur sederhana anak kos yang selalu enak disantap dengan apapun, seperti menggunakan nasi hangat dan kecap ataupun nasi hangat dengan sambal kecap yang super pedas.

9. Smoothies

Berikutnya, menu sahur praktis dan menyegarkan lainnya ialah smoothies, menu ini sangat cocok dijadikan menu andalan anak kos karena tidak perlu kompor dan membuatnya hanya 5 menit saja.

Baca Juga: Pemain Sajadah Panjang: Sujud dalam Doa, Arbani Perankan Arya Si Anak Sulung

Berbagai macam buah bisa dipilih mulai dari pisang, strawberry, ataupun buah-buahan yang sesuai selera.

10. Sereal

Makanan sahur ini memang sangat mudah dibuat, karena hanya perlu dua bahan saja yakni susu UHT dan sereal. Menu favorit banyak orang ini bisa dicoba sebagai menu andalan anak kos di bulan puasa.

11. Roti Bakar

Roti bakar memang sangat nikmat, mudah, dan tentunya murah meriah. Membuat roti bakar di pan atau wajan dengan topping sesuai selera adalah solusi paling cepat untuk membuat menu sahur praktis.

SUMBER: RAMADAN TEMPO | NUR QOMARIYAH

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT