Sukabumi Update

Ada Tiga Jalur, Pendakian Gunung Salak dan Kawah Ratu Kembali Dibuka 1 April 2023

Lanskap pemandangan dari Puncak Salak 1 Gunung Salak, Minggu, 27 November 2022. | Foto: SU/Oksa Bachtiar Camsyah

SUKABUMIUPDATE.com - Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak kembali membuka pendakian Gunung Salak dan objek wisata Kawah Ratu. Pembukaan kembali aktivitas pendakian dilakukan mulai 1 April 2023 pukul 08.00 WIB. Kabar ini disampaikan melalui unggahan Instagram resmi pada Jumat (31/3/2023).

Kebijakan pembukaan kembali pendakian tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor: SE.1100/T.14/TU/KSA.3.1/3/2023. Diketahui, sejak 15 Desember 2022, pendakian Gunung Salak dan objek wisata Kawah Ratu ditutup. Ini merupakan penutupan rutin setiap tahun dalam rangka mengembalikan fungsi ekosistem.

Pembukaan kembali pendakian Gunung Salak dan objek wisata Kawah Ratu berlaku untuk tiga jalur resmi yang ditetapkan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Ketiga jalur resmi ini adalah Pintu Cidahu, Pasir Reungit, dan Cimalati. Adapun reservasi pendakian saat ini dilakukan dengan sistem booking online.

Baca Juga: Cerita Lima Pendaki Sukabumi 10 Jam Taklukan Puncak Gunung Salak

Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak membuka pendakian pada 1 April 2023 dengan pengaturan kuota kunjungan 300 orang per hari dari ketiga pintu pendakian. Para pendaki diminta memerhatikan keselamatan diri serta mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan lapangan yang memadai untuk pendakian.

Berdasarkan laporan sejak Februari 2023 oleh Pos Pengamatan Gunung Api Salak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, status Gunung Salak dalam keadaan Normal (Level 1) dan pengunjung tidak diperbolehkan mendekati kawah (Kawah Ratu, Kawah Hirup, dan Kawah Paeh) dalam jarak dekat, terutama saat hujan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT