Sukabumi Update

Ini Akses Menuju Geopark Ciletuh Sukabumi, Pilihan Wisata saat Libur Lebaran

Curug Cimarinjung di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Geopark Ciletuh Sukabumi adalah kawasan yang dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi ikon pariwisata, tak hanya di Indonesia, namun juga dunia. Lokasi ini memiliki catatan sejarah menarik dan tempat yang indah untuk dijelajahi pada libur Lebaran 2023.

Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) memiliki luas 126 ribu hektare atau 30,3 persen dari wilayah Kabupaten Sukabumi. Taman bumi ini tersebar di 74 desa di delapan kecamatan Kabupaten Sukabumi yakni Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Akses Menuju CPUGGp

Titik pertama yang harus didatangi wisatawan saat akan berkunjung ke Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark adalah Geopark Information Center yang berlokasi di Jalan Raya Citepus Palabuhanratu. Ini menjadi layanan pusat informasi geopark dan sekaligus sebagai pusat informasi pariwisata.

Setelah cukup mendapatkan informasi mengenai Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark di Geopark Information Center, Anda bisa langsung memilih jalur geowisata yang tersedia, mulai dari objek yang ada di wilayah Palabuhanratu-Cisolok hingga menuju kawasan inti di Ciletuh.

Untuk menuju kawasan inti, dari Geopark Information Center Anda dapat memasuki jalur sabuk Loji-Palangpang yang membentang di sepanjang wilayah Palabuhanratu-Simpenan-Pantai Loji-Girimukti-Tamanjaya-Ciracap atau Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT