Sukabumi Update

Tingkatkan Gairah Pria, Nikmati Olahan Teripang dari Ujunggenteng Sukabumi

Olahan teripang khas warga Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di pesisir selatan Kabupaten Sukabumi sudah lama mengenal dan mengonsumsi hidangan laut yang dikenal oleh warga setempat dengan nama sawala. Binatang bernama umum teripang ini dapat diperoleh dari perairan Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap.

Nelayan biasanya menangkap sawala dari kedalaman laut 2 hingga 3 meter dengan cara menyelam. "Sawala itu tinggal diambil saja. Ada yang didapat dari karang. Tapi ada juga yang diperoleh dari lumpur pasir di dasar laut," kata Dian, warga Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Sabtu (13/5/2023).

Dian mengungkapkan panjang dan berat sawala yang ditangkap cukup bervariasi tergantung usianya. "Panjang dan beratnya bervariasi tergantung usianya. Mulai panjang 3 sentimeter hingga 100 sentimeter dengan berat ada yang mencapai 5 kilogram," kata Dian kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Manfaat Super Teripang Emas bagi Kulit dan Kecantikan

Menurut Dian, sawala dipercaya oleh mayarakat dapat meningkatkan gairah kaum pria. Tetapi, perlu waktu dalam mengolah hewan ini seperti direndam terlebih dulu di dalam air selama dua hari dengan airnya diganti sekali sehari. Setelah direndam, lalu direbus selama 30 menit, kemudian dibersihkan.

Dian mengungkapkan sawala tersebut dibersihkan dengan mengeluarkan organ dalamnya hingga benar-benar bersih. "Setelah itu teripang baru diolah, tergantung selera. Bisa ditumis, sop, dan olahan lainnya. Bahkan bisa juga dikeringkan," ujar Dian menjelaskan beragam menu olahan teripang atau sawala.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT