Sukabumi Update

Jenis-jenis Teh yang Biasa Dikonsumsi Sebagai Minuman, Kaya Akan Khasiat

Ilustrasi. Inilah beberapa jenis teh yang bisa dikonsumsi sebagai minuman dan umumnya dinikmati saat pagi atau sore | Foto: Pixabay/mirkostoedter

SUKABUMIUPDATE.com - Teh menjadi minuman yang populer di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Teh seolah menjadi minuman wajib bagi sebagian orang saat pagi selain kopi.

Orang-orang biasanya menikmati teh saat pagi dibarengi dengan menyantap makanan ringan seperti biskuit, roti bakar dan sebagainya.

Merangkum berbagai sumber, ada banyak jenis teh yang dapat Anda pilih, termasuk teh hitam, teh hijau, teh putih, teh oolong, dan teh herbal.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Teh Saat Pagi, Bisa Tingkatkan Energi Agar Lebih Semangat

1. Teh Hitam

Teh hitam adalah teh yang paling umum dan memiliki rasa yang kuat. Teh hitam mengandung kafein, tetapi jumlahnya lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Teh hitam juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis teh yang telah diolah secara minimal. Ini memiliki rasa yang lebih ringan daripada teh hitam dan mengandung lebih banyak antioksidan.

Baca Juga: Cocok Untuk Sarapan! 7 Kue Pasar Untuk Teman Minum Kopi dan Teh

Teh hijau juga dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti meningkatkan fungsi otak, meningkatkan metabolisme, dan melindungi jantung.

3. Teh Putih

Teh putih adalah jenis teh yang mengalami pengolahan minimal dan memiliki rasa yang lembut. Teh putih mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan dengan teh hitam atau teh hijau. Teh putih juga mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan alami.

Baca Juga: 4 Manfaat Ampas Teh untuk Kesehatan Kulit Wajah Beserta Cara Menggunakannya

4. Teh Oolong

Teh oolong adalah jenis teh antara antara teh hijau dan teh hitam dalam hal tingkat oksidasi. Ini memiliki rasa yang beragam, tergantung pada tingkat oksidasi. Teh oolong mengandung nutrisi seperti polifenol dan kafein dalam jumlah sedang.

5. Teh Herbal

Teh herbal tidak mengandung daun teh Camellia sinensis dan biasanya dibuat dengan menggunakan bahan tumbuhan seperti chamomile, peppermint, atau rosehip.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Kembang Sepatu Bagi Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Teh herbal umumnya tidak mengandung kafein dan memiliki berbagai manfaat kesehatan tergantung pada bahan tumbuhan yang digunakan.

Itulah beberapa jenis teh yang bisa dinikmati panas atau dingin, ditambahkan dengan perasan lemon, madu, atau gula sesuai selera.

Selain rasanya yang nikmat, minum teh juga bisa menjadi momen relaksasi dan menyegarkan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT