Sukabumi Update

Domba, Kambing, Sapi dan Unta: Mana Hewan Kurban yang Lebih Baik untuk Idul Adha?

Ilustrasi. Domba, Kambing, Sapi dan Unta: Mana Hewan Kurban yang Lebih Baik untuk Idul Adha? (Sumber : Freepik/@wirestock)

SUKABUMIUPDATE.com - Domba, Kambing, Sapi dan Unta adalah empat jenis hewan kurban yang cukup populer di masyarakat. Masyarakat biasanya memiliki domba atau kambing untuk dijadikan hewan kurban.

Akan tetapi, Sapi dan Unta juga kerap dipilih ketika orang yang akan berkurban termasuk kategori mampu. Pemahaman yang beredar di masyarakat adalah Sapi digunakan untuk mewakili 7 nama, sementara domba atau kambing hanya diperuntukkan satu orang saja.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Sukabumi, Harga Murah 15 Ribuan Aja!

Lantas, diantara Domba, Kambing, Sapi dan Unta manakah Hewan Kurban yang Lebih Baik untuk Idul Adha? Simak penjelasannya seperti mengutip via Suara.com!

Hewan Kurban untuk Idul Adha

Ilustrasi. Inilah beberapa tips memilih hewan kurban untuk Idul Adha agar mendapatkan hewan yang baik dan sehat | Foto: Pixabay/Uschi_duIlustrasi. tips memilih hewan kurban untuk Idul Adha | Foto: Pixabay/Uschi_du

Seperti diketahui, alih-alih binatang unta seperti di Tanah Arab, umat islam Indonesia lebih familiar memanfaatkan sapi, kambing dan domba untuk berkurban.

Berbeda dengan kambing dan domba yang diperuntukan satu orang per satu ekor, maka sapi di Indonesia umumnya terdiri dari 7 orang nama pengurban.

Tapi faktanya, sesuai asal usul anjuran berkurban saat Idul Adha, ulama lebih menyarankan berkurban dengan domba dibanding dengan kambing. Ini karena pada saat Nabi Ibrahim diminta mengorbankan anaknya, Nabi Ismail untuk disembelih namun Allah SWT menggantinya dengan seekor domba.

Melansir Alimentarium, Kamis (1/6/2023) domba mencerminkan kedermawanan Allah SWT karena menggantinya di saat-saat terakhir Nabi Ismail nyaris disembelih, dan waktu itu Nabi Ibrahim sudah mengikhlaskan anaknya karena perintah tuhannya.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Asperger: Pengidap Disabilitas yang Cerdas, Termasuk Autis?

Sementara itu melansir IslamQA dalam tanya jawab dengan Pemuka Agama Islam di New Jersey, Amerika Serikat Syekh John Starling menyebutkan hewan kurban terbaik untuk disembelih adalah unta, berikutnya baru sapi.

Tapi catatan terbaik ini, bila hanya ada satu orang yang bertanggung jawab untuk seekor unta atau seekor sapi. Jadi singkatnya unta atau sapi harus persembahan dari satu orang.

Ini karena hewan tersebut memiliki tubuh lebih besar dan lebih mahal sehingga lebih banyak orang miskin yang bisa menikmatinya.

Namun jika seekor unta atau seekor sapi dibagi atas nama tujuh orang. Maka menyembelih tujuh ekor domba atau kambing lebih baik, ini karena jumlah darah yang dikurbankan lebih besar.

Selain urutan jenis hewan, kondisi fisik hewan kurban juga harus sangat diperhatikan yaitu yang paling gemuk, sehat dan paling mahal.

Sumber: Suara.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT