Sukabumi Update

Mengenal Situ Ciburuy: Objek Wisata Air di Padalarang, Bandung Barat

Mengenal Situ Ciburuy: Objek Wisata Air di Padalarang, Bandung Barat (Sumber : Instagram/@oezankgokielz13)

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat lokal Jawa Barat mengenal satu kawasan wisata di wilayah Bandung dengan nama "Situ Ciburuy". Ciburuy adalah nama desa di kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. 

Lebih lengkapnya, Situ artinya adalah danau, sementara Ciburuy merupakan nama desa.

Awalnya, danau ini adalah dua buah sungai kecil yang ujungnya bertemu di Desa Ciburuy. Pada 1918, lokasi bertemunya dua sungai ini dibendung dan airnya diatur untuk pengairan sawah.

Situ Ciburuy, Objek Wisata di Bandung Barat

Situ Ciburuy adalah salah satu ikon wisata Jawa Barat yang namanya diabadikan pada lagu Bubuy Bulan. Ya, lagu daerah khas Jawa Barat yang menggunakan bahasa Sunda.

Setelah direvitalisasi, sebagaimana dilansir via smartvillagenusantara.id, Situ Ciburuy kini terlihat lebih indah dan tertata rapi. Meskipun zaman dahulu, Situ ini pernah tercemar dan sempat dilupakan oleh masyarakat.

Luas wilayah Situ Ciburuy yakni sekitar 14 hektar dengan daya tampung air mencapai 1,2 juta meter kubik. Hal unik lain soal Situ Ciburuy tak hanya nama yang diabadikan dalam penggalan lagu daerah, melainkan juga dekat dengan sosok dedemit Sunda, Mbah Jambrong.

Situ Ciburu, Wisata di Bandung BaratSitu Ciburuy, Wisata di Bandung Barat

Baca Juga: Jejak Pegasus, Alat Sadap Mematikan Pembungkam Suara Rakyat Indonesia

Cerita Lampau Memancing Ikan di Situ Ciburuy

Tanggal 17 November 1909 yang tertulis di Koran De Preanger-bode kemungkinan merupakan koran pertama yang menyebutkan tentang keberadaan danau Tjiboeroej (Ciburuy) di sekitar Padalarang, Bandung.

Koran kuno tersebut menceritakan kondisi danau yang dahulu terkenal indah dengan air yang jernih dan hampir seluruh permukaannya tertutup tumbuhan air.

Selang 20 tahun, berita harian Bataviaasch Nieuwsblad juga menceritakan tentang keramaian di Situ Tjiboeroej. Tepatnya per tanggal 30 Januari 1929 silam.

Disebutkan, Situ Ciburuy selalu dipenuhi oleh pengunjung yang berbondong-bondong datang hanya untuk menangkap ikan. Setidaknya, momen itu terjadi setiap satu kali dalam setahun.

Baca Juga: Cerita Mbah Jambrong Situ Ciburuy, Dedemit di Cikakak Sukabumi?

Seperti diketahui, penggalan lirik lagu Bubuy Bulan yang tak asing di telinga adalah "Situ Ciburuy, Laukna Hese Dipancing". Orang Sunda Jawa Barat biasanya membaca lirik tersebut sambil bersenandung lagu Bubuy Bulan.

Sumber: smartvillagenusantara.id

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT