Sukabumi Update

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Antioksidan yang Kaya Vitamin C!

Ilustrasi. Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Antioksidan yang Kaya Vitamin C! (Sumber : Pixabay.com/@Anelka)

SUKABUMIUPDATE.com - Tomat atau rangam adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. 

Nama ilmiah dari Tomat adalah Solanum lycopersicum. Selain digunakan sebagai bahan makanan dan bumbu masakan, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. 

Sensasi paduan manis dan asam di mulut, membuat tomat mampu menghadirkan kesegaran bagi penikmatnya. Tak heran, Tomat juga dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi. 

Baca Juga: Perdebatan "Tomat Buah atau Sayur" Eksis Sejak 1893, Jawabannya?

Tomat kaya akan senyawa bioaktif yang berkontribusi pada kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan, merangkum berbagai sumber via linimasa.suara.com:

1. Sumber antioksidan

Tomat mengandung senyawa antioksidan, seperti likopen, beta-karoten, dan vitamin C. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit kronis. 

Likopen, khususnya, telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker, dan kondisi inflamasi.

2. Kesehatan jantung

Tomat dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan likopennya. Likopen dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

Konsumsi tomat secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

3. Kesehatan mata

Tomat mengandung vitamin A, C, dan lutein yang penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan retina, sementara vitamin C dan lutein melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan masalah mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

4. Kesehatan kulit

Kandungan likopen dalam tomat juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Likopen membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kelembapan kulit. 

Tomat juga mengandung vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekuatan kulit.

5. Sistem pencernaan

Tomat mengandung serat yang penting untuk fungsi pencernaan yang sehat. 

Baca Juga: Mengenal Sindrom Munchausen: Suka Pura-pura Sakit Termasuk Gangguan Psikologis?

Serat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus, seperti divertikulosis. Konsumsi makanan yang kaya serat, seperti tomat, juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

6. Sistem kekebalan tubuh

Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan lain yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Waspada Automatic Behavior Syndrome ketika Mengemudi, Apa Itu?

Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang melawan infeksi dan penyakit. Konsumsi tomat secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari penyakit.

Sumber: linimasa.suara.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT